Home » Kongkow » Biologi » Vegetatif buatan bisa dilakukan dengan cara apa saja?

Vegetatif buatan bisa dilakukan dengan cara apa saja?

- Kamis, 21 Juli 2022 | 15:00 WIB
Vegetatif buatan bisa dilakukan dengan cara apa saja?

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan dapat dilakukan dengan cara merunduk, stek dan cangkok. Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan dengan bantuan manusia.

a. Stek

Perkembangbiakan dengan stek dapat dilakukan dengan cara menanam bagian tertentu tumbuhan tanpa menunggu muncul akar baru lebih dahulu. Jika dibandingkan dengan cara perkembangbiakan vegetatif buatan lainnya, cara stek ini merupakan cara termudah. Pembiakan tanaman dengan stek bisa menggunakan batang (kayu) disebut stek batang, dan ada pula yang menggunakan daun disebut stek daun.

Contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan cara stek batang adalah tumbuhan singkong, tebu, beringin, bambu, sirih, ketela rambat dan lain sebagainya. Sedangkan tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan menggunakan stek daun ialah tumbuhan cocor bebek dan tumbuhan lidah mertua.

b. Merunduk

Selain stek, perkembangbiakan secara vegetatif buatan juga dapat dilakukan dengan perundukan atau dengan cara membengkokkan cabang tanaman sampai ke tanah lalu memendam cabang tanaman tersebut dengan tanah.

Contoh tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan cara merunduk atau perundukan adalah tanaman anggur, apel dan melati.

c. Cangkok

Mencangkok merupakan cara perkembangbiakan dengan membuat cabang batang tanaman menjadi berakar. Cara ini dilakukan biasanya pada tanaman buah-buahan dikotil dan berkayu.

Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan cara mencangkok cukup banyak, misalnya tanaman mangga, jambu air, jeruk, sawo dan lain sebagainya.

d. Penyambungan

Menyambung merupakan menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan penyambungan ini adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga didapatkan satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul.

Contoh tanaman yang dapat dilakukan penyambungan adalah tanaman buah mangga, kopi dan durian.

e. Okulasi

Okulasi merupakan cara untuk meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan potongan kulit pohon yang bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru.

Okulasi bertujuan untuk menggabungkan sifat baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan varietas tumbuhan yang baik.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya