Home » Kongkow » Biologi » Upaya Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Upaya Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

- Rabu, 23 Maret 2022 | 12:00 WIB
Upaya Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Paru-paru memiliki fungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Dengan begitu, terganggunya kerja paru-paru memengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, Anda mungkin kerap kali melupakan peran penting tersebut dan mengabaikan kesehatannya.

Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru?

Dirangkum dari situs American Lung Association, cara-cara sederhana ini mungkin dapat membantu kamu menjaga paru-paru agar tetap sehat:

1. Jangan merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang termasuk bronkitis kronis serta emfisema. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit kamu bernapas.  

Ketika saluran udara menyempit, kamu akan mengalami peradangan kronis atau pembengkakan di paru-paru yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. Seiring dengan berjalannya waktu, rokok dapat menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang berkembang menjadi kanker. 

2. Mencegah infeksi saluran napas

Infeksi pernapasan bisa menjadi kondisi yang sangat serius. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga untuk mencegah infeksi:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air

  • Hindari kerumunan saat musim pilek dan flu

  • Sikat gigi paling tidak dua kali sehari dan kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali

  • Lakukan vaksinasi influenza setiap tahun. Kamu mungkin juga perlu berdiskusi mengenai vaksinasi pneumonia yang tepat.

  • Jika sakit, tetaplah di rumah sampai kamu merasa lebih baik. Hal ini akan membantu mencegah penularan

3. Hindari terkena polutan di dalam ruangan

Cara menjaga paru-paru agar tetap sehat berikutnya adalah dengan menghindari segala polutan di dalam ruangan yang berpotensi merusak paru-paru. Menjadi perokok pasif, terkena polusi di rumah atau tempat kerja, atau terpapar radon (bahan kimia radiokatif) dapat membuat penyakit paru-paru semakin buruk. 

4. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Hal ni berlaku untuk semua orang, tak terbatas usia atau keterbatasan fisik. Latihan aerobik bisa menjadi salah satu pilihannya.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, latihan aerobik memang tidak dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Namun, olahraga ini bisa membantu membantu meningkatkan kapasitas paru-paru (kemampuan paru-paru menampung oksigen yang kamu hirup sekali bernapas). 

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Dilansir dari Healthline, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya