Home » Kongkow » Bahasa Inggris » Ungkapan Cuaca Hujan dalam Bahasa Inggris

Ungkapan Cuaca Hujan dalam Bahasa Inggris

- Selasa, 18 Mei 2021 | 09:30 WIB
Ungkapan Cuaca Hujan dalam Bahasa Inggris

Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa ungkapan/phrase yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris dan berhubungan dalam menyatakan cuaca hujan. Kita bahas satu persatu yuk…


1. Drizzle


Drizzle atau slight rain dalam bahasa Indonesia adalah hujan gerimis atau hujan rintik-rintik. Tau dong…? Contoh kalimatnya:

It’s drizzling outside!

Hujan dalam situasi drizzle ini tidaklah lebat/deras, hanya turun seperti tetesan-tetesan air saja dari langit, namun masih bisa dirasakan oleh tubuh kita.


2. Downpour


Apakah sahabat BDBI sudah dapat menebaknya? Yup benar sekali, sesuai dengan namanya, Downpour adalah hujan yanh sangat deras/lebat atau sering juga dikenal HEAVY RAINS. Contoh kalimatnya:

Oh my God! It’s crazy downpour!


3. Bucketing down!


Hampir sama dengan downpourBucketing down adalah cara lain yang dapat kita gunakan ketika ingin mengungkapkan situasi hujan yang deras/lebat. Contoh kalimatnya:

Misalnya dalam perjalanan menuju tempat kerja (kantor) kita terjebak hujan yang deras. Sehingga membuat kita terlambat datang ke kantor, lalu ketika sampai kantor kita bisa izin dengan mengucapkan ini: (alasannya karena hujan deras/ raining heavily).

I’m so sorry…I’m late, it’s bucketing down outside.


4. Torrential Rain


Torrential rain adalah prase yang biasa digunakan oleh kalangan media, tv, berita, dan lainnya untuk menyatakan sebuah cuaca hujan yang sangat deras atau lebat (heavy rainfall).

The city faced a torrential rain last evening.

Nah, torrential rain ini biasa juga kita jumpai pada koran (newspaper). Penasaran? Coba sahabat lihat di koran-koran bahasa Inggris yang membahas mengenai cuaca hujan deras. 


5. Scattered Showers


Scattered showers atau Scattered rain adalah salah satu prase yang digunakan ketika kita ingin menyatakan cuaca hujan yang ON-OFF. Maksudnya?

Pernah ga sahabat mengalami situasi hujan yang sebentar hujan, sebentar berenti, e…sebentar hujan lagi dalam waktu yang sangat singkat. #hujannyagalau 

Nah, situasi seperti itulah yang dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan scattered showers, scattered rain, atau on-off rain. Contoh kalimatnya:

The city would experience scattered showers.

The forecast is for scattered showers tomorrow.

The forecast is for scattered rainfall tomorrow.


6. Raining Cats and Dogs


Nah, kalo prase yang ke-6 ini, mungkin sudah pernah sahabat dengar sebelumnya. Yup, prase ini memang yang paling sering digunakan untuk menyatakan tentang cuaca hujan.

Tapi, bukan Kucing dan Anjing ya yang turun dari langit. Ngeri juga kan kalo sampe ada hujan kucing dan anjing beneran. 

Phrase ‘Raining Cats and Dogs’ adalah cara lain yang dapat kita digunakan untuk menyatakan hujan deras, selain downpour atau bucketing down. Contoh kalimatnya:

It’s raining cats and dogs. —> hujannya deres


7. Flood


Selanjutnya adalah floodFlood adalah satuasi dimana air berada dimana-mana ketika hujan yang super deras. Bahkan terkadang kita mengartikan kata flood ini dengan banjir.

Setiap orang dapat mengartikan kata banjir dengan cara yang berbeda-beda. Banjir menurut sahabat itu apa sih?

  • Kalau air sudah menggenangi sekeliling rumah, setinggi 10 cm, itu sudah dikatakan banjir? Atau…
  • Kalau rumah sudah hanyut, itu baru namanya banjir… 

Boleh-boleh saja kok… Tapi…

Sebagai catatan, flood sudah dapat kita gunakan untuk menyatakan hujan sangat deras, dimana kita kesulitan untuk keluar rumah, karena air hujannya menggenangi sekeliling rumah/jalanan.


8. Damp


Kata Damp ini masih ada hubungannya dengan hujan. Damp adalah keadaan ketika kita kehujanan namun kita tidak basah kuyup atau dengan kata lain ‘slightly wet’.

Maksudnya, basah yang diakibatkan hujan tersebut hanya sebagian saja.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan damp untuk menyatakan benda-benda lain yang setengah basah karena hujan. Mungkin bisa berupa celana, baju, atau tas yang kita gunakan. Yang pasti basahnya hanya sebagian/ tidak basah kuyup. Contoh kalimatnya:

Oh my bag is just a little damp!


9. Drenched


Ketika musim hujan tiba, admin sering merasakan yang satu ini, DrenchedBerbeda dengan dampdrenched adalah situasi dimana kita basah kuyup atau basah seluruhnya karena kehujanan. Contoh kalimatnya:  

Andrew is drenched!

Maksud kalimat diatas adalah; Andrew mungkin naik motor, lalu tiba-tiba hujan sangat deras. Namun Andrew lupa membawa jas hujan dan tetap melanjutkan perjalanan. Apa yang terjadi?

Yup, tentu saja Andrew akan kehujanan lalu basah kuyup. 

10. Soaked


Sama dengan Drenched, adalah situasi dimana kita kehujanan dan badan kita seluruhnya basah kuyup, mungkin juga termasuk dengan barang-barang bawaan kita. Jangan lupa bawa payung atau jas hujan ya, atau… naek mobil aja deh, biar aman. 


11. Bolt of Lightning


Bolt of lightning adalah kilatan cahaya yang muncul di langit pada saat hujan atau setelah hujan. Apakah sahabat pernah melihatnya? Atau mungkin mencoba untuk mengambil gambarnya? 

Kilatan ini sangatlah mengerikan karena biasanya akan di ikuti oleh….


12. A Clap of Thunder


Nah, a clap of thunder adalah suara gemuruh yang biasanya biasanya muncul sesaat setelah ‘bolt of lightning’. Meskipun terkadang ada juga ‘bolt of lightning’ yang tidak di ikuti oleh ‘a clap of thunder’.

Demikianlah beberapa ungkapan tentang cuaca hujan dalam bahasa inggris beserta penjelasan lengkap yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya