Home » Kongkow » Materi » Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan Monokotil

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 13:11 WIB
Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang dapat menghasilkan biji satu keping. Karakter tumbuhan ini adalah memiliki daun lemmbaga yang paling kuat dengan akar yang memiliki bentuk serabut dan daun yang berselang seling serta masih banyak lagi.

Ciri-ciri Tumbuhan Monokotil

Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil

Adapun beberapa ciri-ciri tumbuhan monokotil ini adalah sebagai berikut :

a. Akar Monokotil

Akar pada tumbuhan ini adalah serabut, tentunya ini sangat jauh berbeda dengan akar yang di miliki di kotil. Pembentukan akar ini karena adanya akar primer yang akan membentuk sebuah cabang. 

Cabang ni hanya akan terbentuk tanpa menjad besar namun akan  tumbuh akar baru lagi. sedangkan pada akar primer akan tetap ke bentuk sebelumnya.

Akar ini di namai akar serabut pada tumbuhan jenis mono kotil akarena terdapat rumpun mirip serabut yang sangat banyak. Contohnya pada akar pohon kelapa.

b. Memiliki Tudung Akar

Pada tanaman ini memiliki tudung akar yang bersifat untuk melindungi akar. Di tumbuhan dikotil maka yidak akan ada tudung akar pada bagian akarnya. 

Tudung akar memiliki fungsi untuk sebagai pelindung ketika akar masuk pada tanah. sel – sel baru yang ada pada permukaan akan menhasilkan sel baru maka akar yang di bawah akan menghasilkan lendir.

c. Batang Monokotil

Tumbuhan monokotil memiliki bentuk seperrti ruas – ruas dan tidak memiliki ruang yang cukup besar seperti pada jagung dan tebu yang memiliki bentuk ruas.

Hal ini jauh berbed dengan batang tumbuhan monokotil yang mmeiliki batang besar dan panjang. Batang pada tumbuhan jenis ini tidak memiliki jaringan xilem dan floem sebagai pengangkut makanan.

Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil

Hal ini menyebabkan kambium di dalamnya tidak ada.  Inilah yang menyebabkan ruas terjadi karena tidak ada xilem dan floem. Di pohon jagung misalnya terdapat ruang batang tapi saat di potong tidak ada kayu sebagai saran pengangkut.

d. Daun Monokotil

Daun pada timbuhan ini memiliki tulang daun yang luru dan bisa melengkung pada pangkal sampai ujung. Kedua belahannya akan menempel pada tulang.

e. Bunga Monokotil

Bunga pada tumbuhan ini mmiliki struktur pada kelompaknya memiliki jumlah 3 lipatan hingga 9 dan masih banyak lagi. Jumlah ini lebih banyak dari tumbuhan di kotil.

Jenis Tumbuhan Monokotil

Adapun beberapa jenis tumbuhan monokotil adalah sebagai beikut :

Orchidaceae

Jenis ini merupakan semak menahun pada anggrek dengan akar rimpang. Daun jenis ini umumnya memiliki jenis ang hidup secara epifit seperti anggrek tanah dan Vanda tricolor

Liliaceae

Tumbuhan jenis ini adalah tumbuha jenis semak basah yang memiliki akar rimpang dan berumbi lapis seperti lilium regale dan bungan tulip.

Amaryllidaceae

Tumbuhan jenis ini adalah jenis tumbuhan basah menaun dengan umbi lampis dan berakar rim[ang seeprtti pada tanamman sedap malam dan kembang cokelat.

Pandanaceae

Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan jenis ini adalah tumbuhan yang memiliki bentuk pohon semak dengan memiliki daun berulang sejajar dan merapat. Selain itu daun pada tumbuhan ini yang rontok akan membentuk bekas di batang seperti pada tanaman pandan.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Beriku ini adalah contoh tumbuhan dala  golongan monokotil yakni :

Sawit (Elais Guinensis)

Pohon ini biasa di kenal dengan pohon sawit yang sering anda temui di berbagai tempat seperti  perkebunan sawit. Pohon ini memiliki ciri daun yang majemuk denga tulang yang sejajar pada daunnya.

Selain itu akarnya berjenis serabut sehingga dapat di buktikan pohon ini jenis monokotil. Biji dalam buahnya tidak memiliki kepingan lagi atau satu keping.

Singkong atau ubi kayu Ubi (Manihot Utilissima)

Pohon ini memiliki struktur batang yang banyak ruas dengan daun yang cukup sejajar dengan 6 lipatan dan berakar serabut. Selain itu makanan pada ubi tersimpan di akarnya yang berbentu besar dan dapat di makan.

Tumbuhan Pisang (Musa paradisiaca)

Buah ini merupakan buah yang dapat di olah dan bisa di makan setiap hari. Tumbuhan ini memiliki struktur akar yang cukup baik dengan batang dan daun. Selain itu tumbuhan ini memiliki batang denga  berbagai ruas dan berakar serabut.

Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

Pohon ini hampir sama dengan pohon sawit karena strukturnya sama dan memiliki biji dengan satu keping. Sedangkan pada akarnya memiliki jenis akar serabut dan berbatang ruas – ruas serta berdaun sejajar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tumbuhan monokotil yang dapat menambah pengetahuan anda.

F.A.Q

Apa itu tumbuhan monoktil?

Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang dapat menghasilkan biji satu keping.

Cari Artikel Lainnya