Home » Kongkow » Fotografi » Tips & Trik serta Teknik Dasar Fotografi untuk Pemula

Tips & Trik serta Teknik Dasar Fotografi untuk Pemula

- Rabu, 21 April 2021 | 12:02 WIB

Tidak sedikit yang beranggapan menghasilkan foto yang bagus itu susah, karena membutuhkan kamera serta perlengkapan profesional lain yang pasti mahal. Padahal dengan kamera yang standart saja, kita memungkinkan sekali menghasilkan foto yang menakjubkan dengan catatan teknik yang kita gunakan benar adanya.

Nah..sebagai pemula a.k.a newbie yang baru mau mulai berkecimpung di dunia fotografi, berikut ada tips dan trik yang bisa kalian terapkan dalam masa belajar "motret". Yuk baca beberapa trik di bawah ini :

TIPS & TRIK

1. Ambil gambar jarak dekat

2. Latihan rutin memotret

3. Amati pencahayaan

4. Jangan takut menggunakan flash di siang hari

5. Baca buku-buku fotografi

6. Jangan terburu-buru saat memotret

7. Pembingkaian/framing

8. Eksperimen itu penting

Berbagai macam prosedur yang tentu bisa mendukung kualitas hasil agar terpenuhi semua kebutuhannya. Salah satunya adalah teknik Fotografi yang mempunyai banyak teknik pengembangan mudah dipelajari dan sesuai kegunaannya.

Selain mengikuti 8 tips dan trik "motret" di atas, ada beberapa teknik dasar fotografi yang bisa kamu pelajari satu persatu.

TEKNIK DASAR

  • High Speed Photography --> foto yang dihasilkan merupakan pengambilan gambar yang didapatkan dalam waktu yang sangat amat singkat.
  • Tilt-Shift Photography --> teknik tilt-shift pada umumnya digunakan pada situasi model dengan background yang ingin dibuat terlihat jauh dengan blurnya.
  • Black and White Photography --> teknik dasar fotografi black and white mempunyai hasil foto yang warnanya hitam dan putih. Mengambil gambar hitam putih dapat dilakukan dengan mudah untuk mengubah settingan kamera anda menjadi monokrom.
  • Motion Blur Photography --> motion Blur sangat memanfaatkan kecepatan dari suatu benda yang bergerak. Perbedaannya adalah pengambilan teknik motion blur lebih mudah dari high speed.
  • Night Photography --> teknik ini mengandalkan pencahayaan dan timing dalam melakukan foto. Cahaya dapat dibuat sendiri dengan menggunakan lampu karena pada malam hari tidak ada matahari.
  • Low Light Photography --> teknik ini sangat mirip dengan foto dalam malam hari tapi perbedaannya adalah low light tidak harus menunggu malam tiba.
  • Panoramic Photography --> foto panorama ini dapat diambil dengan menggabungkan beberapa foto secara horizontal menjadi satu foto.
  • Long Exposure Photography --> teknik fotografi long eksposure sering digunakan pada lingkungan alam. fotografi ini menggunakan ND Filter untuk membantu mendapatkan hasil maksimal.
  • Street Photography --> teknik street photography adalah teknik dasar fotografi yang menggambarkan kejadian sehari-hari yang terjadi, bisa dilakukan di tempat publik lainnya, selama memperlihatkan kegiatan manusia.
  • Sports Photography --> fotografi ini diambil pada saat olahraga atau aktifitas dengan dinamika yang cukup tinggi. Penggunaan ISO tinggi dan posisi foto menjadi kunci dalam mendapatkan foto yang bagus.
  • Flash Photography --> flash dapat memberikan fokus kepada objek yang diinginkan, memberikan intensitas cahaya yang dibutuhkan pada titik tertentu, memaksimalkan tekstur dari suatu benda.
Cari Artikel Lainnya