Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Terjawab Misteri Kenapa Rautan Kalau Ditiup Tumpul

Terjawab Misteri Kenapa Rautan Kalau Ditiup Tumpul

- Jumat, 22 Januari 2021 | 16:00 WIB
Terjawab Misteri Kenapa Rautan Kalau Ditiup Tumpul

Kita pasti pernah menggunakan pensil baik untuk menulis (biasanya zaman sd) atau untuk menggambar. Untuk bisa menggunakan pensil kita harus merautnya terlebih dahulu kan. Pernahkah anda mendengar jika rautan tidak boleh ditiup nanti cepat tumpul?

Nah pada artikel ini saya akan coba jelaskan mengapa rautan jika ditiup akan mudah tumpul. Kalau waktu kecil sih kita percaya-percaya aja sama pernyaatan rautan kalau ditiup bisa cepet tumpul, tapi pernah ga penasaran kenapa itu bisa terjadi?

Sebenarnya pernyataan jika rautan jangan ditiup nanti cepat tumpul itu bukan cuma hoax belaka tapi ada penjelasan ilmiah nya. Rautan itu mengandung besi di dalam nya, dan tiupan kita mengandung uap air jadi bukan karena angin yang kita tiup ya tapi karena uap air yang terkandung dari tiupan kita itu. Rumus kimia yang terjadi jika rautan kita tiup adalah sebagai berikut

H2O (air) + Fe (besi)=Fe2O3.nH2O (karat besi)

Karat besi merupakan hasil korosi yang disebabkan adanya oksidasi pada logam. Korosi adalah suatu proses elektro kimia dimana pada proses pengaratan besi (fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terkandung dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Karat pada besi dapat menurunkan kualitas besi dan memudarkan ketajaman nya pada rautan.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan jika rautan yang sering ditiup akan mudah tumpul dikarenakan adanya proses pengaratan pada besi rautan. Bagaimana penjelasan diatas sudah tidak penasaran lagi kan dengan misteri yang satu ini, akhirnya bisa tidur dengan nyeyak.

Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya