Home » Kongkow » Travel » Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 07:34 WIB
Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits

Pekanbaru yang menjadi kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Riau ini ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain terkenal sebagai daerah penghasil sawit Provinsi Riau juga dikenal sebagai salah satu kawasan tujuan wisata di Sumatra.

Wisata Pekanbaru Recomended yang Lagi Hits

Di bawah ini ada rekomendasi tempat wisata Pekanbaru yang lagi hits dan cocok untuk berlibur, yaitu:

1. Taman Rekreasi Alam Mayang


Foto: instagram.com/exploreprovriau

Wisata Pekanbaru yang pertama adalah Taman Rekreasi Alam Mayang.

Tempat ini punya banyak kegiatan wisata yang bisa kalian lakukan. Mulai dari flying fox, banana boatsafari train, sepeda air, dan sebagainya.

Tak hanya banyak kegiatan wisata, tempat wisata ini juga punya spot yang instagramable sehingga buat yang ingin hunting foto kece, Moms bisa datang ke sini.

Lokasi: Jalan H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

2. Danau Lembah Sari

Wisata Pekanbaru ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menyendiri atau sekedar bersantai sejenak untuk melepas penat.

Danau Lembah Sari merupakan sebuah danau buatan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Tak hanya bisa digunakan sebagai tempat bersantai, tapi Moms juga bisa wisata kuliner.

Di sekitar danau, terdapat banyak tempat makan yang bisa dipilih. Jadi sambil bersantap ria, Moms bisa sambil menikmati pemandangan indah danau.

Lokasi: Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau

3. Asia Heritage


Foto:instagram.com/asia.heritage

Asia Heritage adalah tempat wisata Pekanbaru yang bertemakan wisata ala negara-negara di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Tingkok, hingga Indonesia.

Jadi di dalamnya ada miniatur kota Jeju, Chinatown, Little Kyoto, dan lain sebagainya. Tempatnya luas dan daya tarik utamanya adalah bangunan yang terlihat mirip dengan aslinya.

Jika belum sempat bepergian keluar negeri, Moms bisa datang ke Asia Heritage untuk berkeliling negara Asia. Di sini juga ada penyewaan kimono hingga hanbok yang bisa Moms kenakan saat pergi berjalan-jalan di area tempat wisata ini.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso Nomor Kilometer 12, Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau

4. Kawah Biru Pekanbaru


Foto: kumparan

Wisata Pekanbaru yang berikutnya adalah Kawah Biru Pekanbaru. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan warna biru dan putih yang mendominasi.

Kawah Biru Pekanbaru adalah sebuah kawah yang di dalamnya terdapat kolam berwarna biru. Tempat ini awalnya terbentuk karena PT PLN sedang melakukan galian dan ternyata di sana terdapat banyak pasir putih.

Bekas galian yang membentuk lekukan ini kemudian terisi oleh air hujan. Warna biru pada air kolam dihasilkan karena campuran pasir putih dan kapur yang ada di dalamnya.

Lokasi: Jalan Karya Labersa, Tanah Merak, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau

5. Rainbow Hills Rumbai


Foto: instagram.com/mitrahotelpku

Rainbow Hills Rumbai adalah wisata Pekanbaru yang juga tidak kalah cantiknya dengan Kawah Biru. Tempat wisata ini punya nama lain, yaitu Bukit Pelangi.

Nama tersebut diberikan karena tampilan dari tempat ini memang seperti pelangi. Bukit ini memiliki warna yang sangat beragam.

Mulai dari warna merah muda, biru, putih, dan sebagainya. Tak sedikit orang yang sengaja datang ke sini untuk melakukan pemotretan, baik untuk pribadi hingga pre wedding.

Lokasi: Jalan Kemping, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

6. Arboretum Universitas Riau


Foto: Universitas Riau

Arboretum Universitas Riau adalah wisata Pekanbaru yang lokasinya memang berada di dalam kampus. Meski masuk area kampus, tapi tempat ini punya pemandangan yang sangat asri dan hijau.

Arboretum adalah hutan sekunder, dan Arboretum Universitas Riau adalah salah satunya yang masih tersisa di Pekanbaru.

Tak hanya digunakan sebagai tempat yang bertujuan untuk masalah penelitian dan pendidikan, tempat ini sekarang lebih sering digunakan kawanan muda untuk dijadikan spot foto terbaik.

Tidak hanya tampilan dan suasananya yang asri dan sejuk saja, tempat ini juga sangat instagramable. Ada spot bagus untuk berfoto, mulai dari gazebo pinggir danau hingga jembatan merah yang hits.

Lokasi: Jalan HR. Subantas Km. 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau

7. Bukit Kapur Air Hitam


Foto: instagram.com/robby_zulian

Mendengar namanya yang unik, tempat wisata Pekanbaru ini menjadi spot wisata hits yang banyak dikunjungi oleh anak muda. Hal ini karena pemandangannya yang unik.

Tempat ini adalah bukit kapur yang menjulang tinggi dengan warna bukit yang berpadu antara krem, putih, dan hitam. Perpaduan warna ini bisa membuat tampilan foto yang Moms ambil jadi lebih kece.

Lokasi: Jalan Syamsul Bahri, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau

8. Pantai Cinta, Teluk Jering

Wisata Pekanbaru yang sedang hits tak lengkap jika tidak memasukkan Pantai Cinta di dalam listnya.

Pantai Cinta atau adalah sebuah tempat wisata yang sebenarnya adalah sungai yang ada di desa, yakni Desa Teluk Jering. Hal yang membuat tempat wisata Pekanbaru ini unik.

Pasir yang terdapat di sungainya ini berwarna putih, mirip dengan pasir pantai pada umumnya. Selain itu, ada hamparan rumput hijau yang membentang luas sehingga bisa menyegarkan pandangan mata dan juga udara.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini selain menikmati indahnya pemandangan, ada permainan olahraga air seperti banana boat yang bisa kalian nikmati.

Lokasi: Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Tambang, Tlk. Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau 28293

9. Candi Muara Takus


Foto: instagram.com/summerlilybee

Candi Muara Takus menjadi satu-satunya candi yang ada di Riau. Candi ini dibuat dari batu pasir, batu bata, dan batu sungai.

Tampilannya sangat eksotis dengan dominasi warna cokelat. Ada beberapa bangunan candi yang bisa Moms jumpai di sini. Selain ada candi utama yang berbentuk kotak, ada candi yang berbentuk seperti pilar di sisinya.

Selain bisa berwisata sejarah di sini, Kalian juga bisa berfoto dengan pemandangan candi yang terlihat sangat eksotis.

Lokasi: Kendalisodo, Pasir Jaya, Rambah Hilir, Pasir Jaya, Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28558

10. Desa Wisata Okura


Foto: po-san.co.id

Desa Wisata Okura adalah wisata Pekanbaru terakhir yang sangat populer. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari menikmati kegiatan berkuda, bersepeda, dan lain sebagainya.

Di sini juga ada taman bunga seluas 4,5 hektar. Di dalamnya terdapat aneka bunga segar seperti bunga matahari, bunga jengger ayam, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jalan Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28262

Cari Artikel Lainnya