Home » Kongkow » Tematik » Teks Eksplanasi Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Sd Halaman 33

Teks Eksplanasi Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Sd Halaman 33

3 weeks 'ago'

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya. Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Baca Juga : 

Contoh Hak di Rumah, Sekolah dan Masyarakat Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Sd Halaman 13

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi

Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.

Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Sd Halaman 33

Identifikasi informasi pada teks eksplanasi di atas. Tulislah informasinya pada grafik berikut.

Paragraf 1: Topik Masalah

Apa yang dibahas pada teks di atas?

Jawaban:

Teks diatas membahas tentang penemu bola lampu pijar yaitu Thomas Alva Edison.

Paragraf 2: Deret Penjelas

Siapakah Thomas Alva Edison?

Jawaban:

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu lampu bola pijar.

Paragraf 3: Deret Penjelas

Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?

Jawaban:

Thomas menghabiskan waktu selama 2 tahun dan dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuannya. Pada tanggal 21 Oktober 1879, lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?

Jawaban:

Sikap gigih dan pantang menyerah membuat Thomas menjadi orang yang mengubah dunia menjadi lebih baik.

sumber :

utakatikotak
0
utakatikotak
55
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :