Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Siapa yang Menemukan Komputer?

Siapa yang Menemukan Komputer?

- Senin, 04 Januari 2021 | 11:03 WIB
Siapa yang Menemukan Komputer?

Komputer jauh lebih dari sekadar pengolah angka yang sangat cepat. Yang terpenting, jika dapat diberi serangkaian instruksi baru, prosesor dan memori. Komputer pada prinsipnya, setidaknya melakukan apa pun mulai dari pemrosesan kata hingga menerbangkan pesawat.

Penghargaan karena menjadi orang pertama yang mempertimbangkan untuk membangun perangkat yang begitu serbaguna diberikan kepada ahli matematika Inggris Charles Babbage, yang pada tahun 1834 mulai menyusun rencana untuk apa yang dia sebut sebagai ‘mesin analitik’. Mimpinya adalah menciptakan perangkat yang roda gigi, batang, dan rodanya dapat diatur diprogram  untuk melakukan berbagai tugas mulai dari memecahkan persamaan hingga membuat musik. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari keajaiban teknik Victoria ini yang pernah diselesaikan.

Siapa yang menemukan komputer?

Model mesin analitik Charles Babbage © Getty

Butuh 100 tahun lagi sebelum matematikawan Inggris lainnya, Alan Turing, menghidupkan kembali gagasan tentang ‘mesin universal’ dan menyelidiki kekuatan teoretisnya. Selama Perang Dunia II, rekan pemecah kode di Bletchley Park memanfaatkan sebagian dari kekuatan ini. Perangkat elektronik mereka bernama Colossus, dan itu memecahkan sandi paling rahasia Hitler.

Siapa yang menemukan komputer?

Komputer canggih sekarang

Sejarawan masih memperdebatkan siapa yang membuat komputer asli pertama, tetapi umumnya disepakati bahwa para insinyur di AS dan Inggris berhasil menciptakan mesin elektronik yang mewujudkan impian Babbage pada akhir 1940-an.

Cari Artikel Lainnya