Home » Kongkow » Tips & Trik » STRES DI RUMAH? HINDARI 10 KEBIASAN PALING BURUK INI!

STRES DI RUMAH? HINDARI 10 KEBIASAN PALING BURUK INI!

- Rabu, 04 September 2019 | 12:07 WIB
STRES DI RUMAH? HINDARI 10 KEBIASAN PALING BURUK INI!

Hindari 10 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan stres di rumah. Apa saja? Ikuti penjelasan lengkapnya hanya di sini! Stres bisa disebabkan dan datang dari mana saja, termasuk rumah, lho. Jika Anda kerap terbangun di tengah malam, tak enak hati, atau bahkan hingga menggigiti kuku, berarti ada yang tak beres di rumah Anda. Mulai sekarang Anda harus menghindari hal-hal ini agar tidak stres di rumah. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang perlu dihindari!

Tips Jauh Dari Stres di Rumah: Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

1. Tempat Tidur Berantakan

mengatas stres di rumah

Studi menyebutkan, ada relasi antara tempat tidur yang berantakan dengan mood yang tak baik serta meningkatnya level kestresan seseorang. Ada baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk membereskan kamar juga tempat tidur. Ubah juga kebiasaan jelek seperti menaruh barang sembarangan dan menumpuk di atas tempat tidur. Selain membuat berantakan, tempat tidur pun akan menjadi kotor. Mengorganisir segala sesuatu dengan baik di kamar merupakan kunci untuk mendapatkan tidur yang baik.

2. Pekerjaan

Jangan terlalu sering membawa pekerjaan kantor ke rumah. Berdasarkan penelitian Health and Safety Executive, membawa pekerjaan ke rumah dapat membuat Anda terjaga. Seringnya terjaga di tengah malam merupakan salah satu penyebab stres di rumah. Ikutilah pola tidur yang sehat agar badan dan pikiran Anda terasa lebih bugar!

3. Kebiasaan Makan Tak Sehat

mengatas stres di rumah

Makanan yang masuk ke dalam tubuh, berhubungan langsung dengan naiknya tingkat kecemasan. Itulah yang disebutkan oleh Stress Management Society. Oleh sebab itu, hindari membeli dan menyimpan panganan cepat saji dan tak sehat di rumah. Kurangi konsumsi makanan berlemak serta kafein yang dapat memperparah stres. Mulai kebiasaan makan yang baik dengan mengonsumsi makanan bervitamin dan mineral tinggi untuk membantu meredakan stres. Selain itu, jaga juga kebersihan dapur serta ruang makan agar tercipta suasana makan yang baik. 

4. Kekacauan

Selain kamar dan tempat tidur yang berantakan, kekacuan atau kesemerawutan di ruangan lainnya juga dapat membuat emosi tak baik. Menurut Center of Everyday Lives and Families (CELF) ada hubungan antara kortisol (hormon stres) yang tinggi dan orang yang memiliki rumah dalam keadaan kacau.

BACA JUGA : 

7 Cara Terapi Butterfly Untuk Mengurangi Stress Yang Efektif

Tak Terduga, Ini 7 Fakta Stres yang Jarang Diketahui Orang

7 Makanan Pengusir Stres, Yang Nomer 5 Gak Nolak Deh

5. Bertengkar dengan Penghuni Rumah Lainnya

mengatas stres di rumah

Pasangan, anak, orang tua, bahkan mertua bisa memengaruhi emosi Anda dan dapat menjadi sumber stres di rumah. Hal ini memang tak terelakkan. Sifat para penghuni rumah, kebiasaan, serta hal lainnya yang tak sesuai dengan diri Anda, kerap menjadi pemicu pertengkaran yang berujung pada timbulnya stres. Jika hal itu terjadi, sebisa mungkin cari waktu yang tepat untuk melakukan ­me time. Namun, bukan berarti segala kestresan bersumber dari mereka karena mereka pun bisa menjadi sumber penyemangat dan penghilang keruwetan. Caranya, jaga kebersamaan dan jalin komunikasi yang baik. Bisa dengan makan bersama, nonton televisi bersama, atau beraktivitas lainnya di satu ruangan.

6. Menyendiri

Selain menjaga jalinan yang harmonis dengan keluarga, Anda juga disarankan untuk tidak menyendiri terlalu lama. Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai manusia yang fungsional, kita harus bisa bersosialisasi dengan orang lain agar pikiran kita selalu sehat. Pikiran yang sehat secara otomatis akan menjauhkan kita dari stres.

7. Keseringan Menonton TV

mengatas stres di rumah

Jika Anda memiliki kebiasaan menonton televisi tanpa jeda, segera hentikan! Terlalu banyak mendengarkan suara berisik dapat menimbulkan stres yang berlebih. Selain itu, menonton dapat membuat mata cepat lelah serta badan yang terasa sakit. Terlebih lagi segala pekerjaan lainnya dapat tertunda jika Anda menonton televisi terus-menerus.

8. Menghitung Keuangan di Rumah

Sebuah penelitian di Amerika membuktikan, 75% masalah keuangan adalah pemicu stres di rumah yang paling utama pada masyarakat. Namun, bukan berarti Anda harus tak acuh pada permasalahan tersebut. Jika Anda bekerja, lakukan penghitungan tersebut di kantor. Jika terpaksa dilakukan di rumah, kumpulkan lalu organisir kertas tagihan dengan baik, lalu kerjakan di ruang kerja Anda.

9. Jumlah Cermin Terlalu Banyak

mengatas stres di rumah

Wah, ternyata terlalu banyak memiliki cermin di rumah juga dapat membuat orang cepat stres. Hal itu diungkapkan oleh Institute of Psychiatry Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan 50 orang mengakui bahwa mereka merasa stres saat melihat penampakan mereka sendiri dalam cermin. Maka itu, tempatkan dan miliki cermin dalam jumlah yang wajar ya!

10. Merokok dan Minum-minum

Tips menghindari stres di rumah yang terakhir adalah dengan cara mengurangi konsumsi alkohol dan nikotin. Apabila dikonsumsi secara sedikit, kedua hal di atas memang dapat berfungsi sebagai antidepresan. Akan tetapi, apabila dikonsumsi secara banyak, efeknya akan berbalik dan membuat kita merasa semakin penat. Senyawa berat yang dibawa alkohol akan membuat jantung kita berdetak lebih cepat sehingga dapat menciptakan rasa gugup dan cemas yang berlebih.

Semoga bermanfaat, ya,

Cari Artikel Lainnya