Home » Kongkow » Fisika » Rumus Getaran dan Gelombang

Rumus Getaran dan Gelombang

- Kamis, 29 Juli 2021 | 07:00 WIB
Rumus Getaran dan Gelombang

Hai otakers!

Kali ini kita akan membahas materi tentang getaran dan gelombang nih. Apa sih getaran dan gelombang itu, frekuensi, serta hubungan-hubungan yang menyertainya. Yukk pelajari rangkuman di bawah ini !

Getaran adalah suatu gerak bolak-balik secara periodik di sekitar kesetimbangan. Nahh untuk membahas getaran lebih lengkap kalian juga harus memahami tentang periode dan frekuensi getaran.

Periode Getaran

Periode getaran yaitu waktu yang diperlukan benda untuk melakukan suatu getaran. Periode getaran ini dilambangkan dengan huruf T (kapital) berbeda dengan waktu yang dilambangkan dengan huruf t (kecil). Sebenarnya untuk menentukan periode getaran kalian dapat menghitung langsung waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran penuh.

Namun, cara manual ini seringkali menimbulkan error atau salah perhitungan karena salah satu getaran biasanya berlangsung sangat singkat. Sehingga untuk mempermudah perhitungan agar meminimalisir kesalahan kalian dapat menghitungnya dengan  membagi waktu yang diperlukan benda dengan banyaknya getaran. Periode getaran dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.

Frekuensi getaran

Frekuensi Getaran adalah banyaknya getaran yang dilakukan benda per detik. Frekuensi dilambangkan dengan huruf "f" (kecil). Satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau diberi istilah khusus, yaitu hertz disingkat Hz.

Dalam Hubungannya antara Periode dan Frekuensi Getaran, besar Periode berbanding terbalik dengan Frekuensi ini bisa didapatkan dari perhitungan di bawah ini nih otakers.

Misal, untuk frekuensi kita ubah dalam bentuk

n = f x t  

maka jika rumus ini substitusikan dalam rumus Periode Getaran akan menjadi

Gelombang adalah suatu getaran yang merambat. Gelombang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Kalian bisa baca juga artikel tentang

Definisi Gelombang dan Jenis-Jenis Gelombang

Hampir sama dengan Getaran, rumus untuk mencari Periode dan Frekuensi gelombang dapat kalian hitung dengan rumus yang sama. Tapi untuk mencari Cepat Rambat Gelombang kalian bisa menggunakan rumus di bawah ini.

Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang yang diberi simbol "v" dapat ditentukan menggunakan persamaan berikut.

Panjang Gelombang

Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang per selang waktu tertentu dikali dengan periode gelombang. Panjang gelombang biasanya dilambangkan dengan “λ” (lambda).

Atau jika dihubungkan dengan cepat rambat gelombang didapatkan rumus

Nahh, itulah rumus dan hubungan-hubungannya dalam materi getaran dan gelombang ya otakers, kalian juga bisa baca juga disini

Contoh Soal Getaran dan Gelombang

Penjelasan Gelombang Transversal dan Longitudinal

Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soalnya!

Selamat belajar !

Sumber :
Cari Artikel Lainnya