Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Report text (Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya)

Report text (Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya)

- Rabu, 18 September 2019 | 19:00 WIB
Report text (Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya)

Report text adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Genre atau jenis text ini memang ada kesamaan dengan descriptive text yaitu, baik descriptive text dan report text sama sama memberikan gambaran secara langsung tentang seseorang atau suatu benda. Perbedaannya adalah jika kita berbicara tentang benda atau seseorang secara spesifik seperti warna, style, nama, dsb, itu disebut descriptive. Dan apabila kita berbicara tentang benda atau seseorang secara umum yang meliputi bagian-bagiannya, kekuatannya, fungsinya, atau sifat umum lain dari benda atau seseorang seseorang itu disebut report.

Generic Structure of Report text
# General Clasification ; Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be discussed in general (Menyatakan klasifikasi aspek umum hal; hewan, tempat umum, tanaman, dll yang akan dibahas secara umum).
# Description : tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors. (Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.)

Purpose of Report text
Its social purpose is presenting information about something. They generally describe an entire class of things, whether natural or made: mammals, the planets, rocks, plants, countries of region, culture, transportation, and so on.

The Characteristics / Language Feature of Report text:
– Use of general nouns, eg hunting dogs, rather than particular nouns, eg our dog;
– Use of relating verbs to describe features, eg Molecules are tiny particles;
– Some use of action verbs when describing behaviour, eg Emus cannot fly;
– Use of timeless present tense to indicate usualness, eg Tropical cyclones always begin over the sea;
– Use of technical terms, eg Isobars are lines drawn on a weather map;
– Use of paragraphs with topic sentences to organise bundles of information; repeated naming of the topic as the beginning focus of the clause.

Keterangan :
– General nouns, maksudnya adalah, suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum. Coba bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs bersifat umum; sedangkan my dog bersifat khusus. – Relating verbs, dalam grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain sebagainya.

– Timeless present tense adalah salah satu penanda waktu dalam simple present seperti “often, usually, always” dan lain-lain. – Technical terms, maksudnya adalah istilah-istilah yang meliputi teks report tersebut. Misalnya tentang “music” maka, istilah-istilah musik harus ada.

Cari Artikel Lainnya