Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Proses pemindahan informasi atau gagasan kepada orang lain untuk tujuan tertentu disebut

Proses pemindahan informasi atau gagasan kepada orang lain untuk tujuan tertentu disebut

- Jumat, 10 Juni 2022 | 14:04 WIB
Proses pemindahan informasi atau gagasan kepada orang lain untuk tujuan tertentu disebut

Proses pemindahan informasi atau gagasan kepada orang lain untuk tujuan tertentu disebut Komunikasi.

Pembahasan

Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain.

Beberapa fungsi komunikasi antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Kendali
Komunikasi digunakan untuk mengendalikan perilaku seseorang dalam beberapa cara, seperti halnya dalam organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh angotanya.

2. Fungsi Motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada seseorang apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

3. Pengungkapan emosional 
Komunikasi merupakan sumber utama untuk interaksi sosial. Komunikasi yang terjadi di dalam suatu kelompok merupakan mekanisme fundamental dimana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.

4. Informasi
Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya