Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Pola interaksi antara bunga dan lebah adalah

Pola interaksi antara bunga dan lebah adalah

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:00 WIB
Pola interaksi antara bunga dan lebah adalah

Pola interaksi antara bunga dan lebah adalah Simbiosis​ Mutualisme

Pembahasan

Simbiosis adalah interaksi antara satu makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Interaksi yang terjadi termasuk dalam simbiosis mutualisme dimana antara dua makhluk hidup tersebut saling menguntungkan. Dalam hubungan ini, lebah tidak menjadi pihak yang hanya diuntungkan dengan nektar yang didapat dari bunga, tetapi bunga juga mendapat manfaat yaitu lebah dapat membantu proses penyerbukan si Bunga. 

Selain antara bunga dan lebah, contoh lain yang termasuk dalam Simbiosis Mutualisme antara lain: 

1. Interaksi antara Ikan badut dan anemon laut. Anemon laut memberikan perlindungan kepada ikan badut dari serangan predator. Sedangkan ikan badut memakan parasit berbahaya pada anemon laut sehingga bersih dari kotoran.

2. Interaksi yang terjadi antara bakteri Escherihia coli di dalam usus besar manusia sebagai bakteri alami yang tinggal di dalam tubuh manusia merupakan bentuk interaksi simbiosis mutualisme. Bakteri Escherihia coli di dalam usus besar manusia berperan dalam pembusukan makanan dan membantu pembentukan vitamin K. Sedangkan bakteri Escherihia coli mendapatkan makanan dari proses pembusukan makanan di dalam usus besar manusia.

3. Keberadaan lalat disekitar bunga rafflesia membantu proses penyerbukan pada bunga tesebut. Bunga Rafflesia mengeluarkan sari manis yang bermanfaat bagi lalat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya