Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Penyebab Adanya Keanekaragaman di Indonesia

Penyebab Adanya Keanekaragaman di Indonesia

- Senin, 02 November 2020 | 14:43 WIB
Penyebab Adanya Keanekaragaman di Indonesia

Kalian tentu sudah mengenal betapa menariknya Indonesia di mata bangsa lain karena adanya keanekaragamannya baik suku, etnik, bahasa serta beragam flora dan fauna yang ada,

Apa sih penyebab adanya keanekaragaman di Indonesia ?

Keragaman budaya di Indonesia ada karena faktor geografis sebagai negara kepulauan. Selain itu, Letak strategis  Indonesia yang berada di jalur pelayaran perdagangan dunia juga sangat menguntungkan sehingga memungkinkan interaksi dengan budaya bangsa lain menjadi erat. Negara Kepulauan Indonesia sangat mempengaruhi kebudayaan masyarakatnya. Indonesia terdiri dari kurang lebih 656 suku bangsa dengan bahasa lokal 300 macam. Tidak hanya itu, keragaman agama yang hidup bersama dalam satu Negara Kesatuan menambah daya tarik sendiri bagi Indonesia. Keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan milik Bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan sehingga mampu memberikan warna ketentraman dan kedamaian bagi rakyat Indonesia.

 

Interaksi di Masyarakat yang Beragam Sosial Budaya

Cara interaksi dengan masyarakat yang beragam sosial budaya :

Saling Toleransi Antar Sesama

Toleransi dibutuhkan antar sesama masyarakat Indonesia agar bisa saling membantu satu sama lain tanpa memandang suku,agama, ras dan antar golongan. Toleransi merupakan sikap untuk mengerti, memahami dan menerima perbedaan antar individu. Sikap ini tanpa paksaan dan tidak ingin memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Tidak memaksakan kehendak dan saling menerima

Perbedaan adalah keniscayaan dalam masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di Negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak. Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat. Karena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari.

Menerima perbedaan antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan

Menghargai Perbedaan

Manusia memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh jadi berasal dari kebudayaan, filsafat, agama, kepercayaan, tatanilai masyarakat atau lainnya. Luasnya pandangan manusia tergantung pada faktor dominan yang mempengaruhinya.

Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik.

Saling Bergotong royong

Tentunya dibutuhkan saling kesepahaman antar individu, keluarga, bertetangga dan dalam masyarakat lingkup kecil demi keselarasan kehidupan. Kerjasama yang dilakukan, dilandasi rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan bersama.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya