Home » Kongkow » Biologi » Pengertian Komponen Biotik & Abiotik Beserta Contoh

Pengertian Komponen Biotik & Abiotik Beserta Contoh

- Kamis, 10 Februari 2022 | 12:00 WIB
Pengertian Komponen Biotik & Abiotik Beserta Contoh

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik. Oleh karena itu, ekosistem disebut juga sistem lingkungan.

Misalnya komunitas ikan air tawar selalu berhubungan dengan kolam ikan, air, udara, tanah dan sinar matahari. Jadi dalam sebuah ekosistem ada komponen hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik). Kali ini, yuk kita belajar tentang kedua komponen itu.

Baca juga: Hubungan Saling Ketergantungan Ekosistem Antara Komponen Biotik dengan Abiotik

1. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah bagian ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, ataupun makhluk hidup pengurai. Berdasarkan fungsinya di dalam ekosistem, komponen biotik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer (pengurai). Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Produsen berfungsi sebagai penghasil makanan, konsumen sebagai pemakan, dan dekomposer menjadi pengurainya.

2. Komponen abiotik

Komponen abiotik adalah komponen tak hidup dalam sebuah ekosistem. Di dalamnya ada segala sesuatu yang dibutuhkan oleh komponen biotik untuk terus hidup. Yang termasuk komponen abiotik adalah cahaya matahari, oksigen, karbondioksida, air, tanah, suhu yang sesuai, kelembaban pada udara, dan masih banyak lagi.

Itulah sekilas tentang komponen biotik dan abiotik dalam sebuah ekosistem. Ekosistem yang kecil akan membentuk ekosistem yang lebih besar. Seluruh ekosistem di muka bumi ini akan membentuk satu ekosistem yang lebih besar yang disebut biosfer. Dengan mengetahui apa saja komponen ekosistem, kamu akan dapat memahami fenomena lingkungan yang terjadi dengan lebih mudah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya