Home » Kongkow » Biologi » Satuan dan Komponen Penyusun Ekosistem

Satuan dan Komponen Penyusun Ekosistem

Satuan dan Komponen Penyusun Ekosistem

Satuan-satuan ekosistem yang saling berinteraksi nantinya akan membentuk suatu Ekosistem. Dalam suatu ekosistem terdapat komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik (tidak hidup) yang keduanya saling mempengaruhi, contoh hubungan tumbuhan dan tanah.

Baca Juga:

Macam-macam Ekosistem Air Laut

Pengertian Dari Ekosistem Darat

Satuan-satuan ekosistem adalah individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer. Individu berarti satu organisme. Populasi merupakan sejumlah individu sejenis yang menetap di suatu daerah pada waktu tertentu. Komunistas merupakan seluruh populasi yang hidup bersama dalam suatu daerah. Ekosistem adalah interaksi antara anggota komunitas dengan benda tak hidup. Biosfer merupakan kumpulan ekosistem yang terdapat di bumi.undefined 

Berikut penjelasan selengkapnya yah

Komponen Penyusun Ekosistem

Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut:

a. Komponen Abiotik adalah komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati). Komponen Abiotik meliputi komponen fisik dan kimia, seperti tanah, air, matahari, udara, dan energi.

b. Komponen biotik adalah komponen atas bahan-bahan hidup (hayati), seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Komponen biotik terbagi menjadi 2, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof. 

- Organisme Autotrof adalah semua organisme yang mampu membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Semua organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau daun disebut organisme autotrof. 

- Organisme Heterotrof dikenal sebagai "konsumer" atau yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya memperoleh makanan bergantung pada yang lain.

Satuan Penyusun Ekosistem

1. Individu

Dalam Ekologi individu adalah makhluk hidup tunggal (yang tidak dapat dibagi-bagi). Contoh seorang manusia, sebatang pohon, seekor anjing dan seekor kambing merupakan individu. 

2. Populasi

Populasi adalah Satu atau lebih individu suatu spesies yang hidup di suatu tempatMisalnya, di dalam ekosistem sawah terdapat populasi tumbuhan padi., populasi rumput, populasi ular, populasi wereng dan populasi burung pipit.

3. Komunitas

Komunitas adalah seluruh populasi yang hidup bersama dalam suatu daerah. Sebagai contoh, dalam suatu ekosistem hutan komunitas pohon beranggotakan semua populasi berupa berbagai jenis pohon. Komunitas burung beranggotakan semua populasi berbagai jenis burung. Dengan kata lain, interaksi antar populasi membentuk suatu komunitas.

4. Ekosistem

Ekosistem adalah interaksi antara anggota komunitas dengan benda tak hidup. Jadi, ekosistem ini terbentuk atas komunitas yang hidup di tempat tinggal alaminya, ditambah faktor-faktor abiotik (tak hidup) lingkungan (Udara, air, tanah dan cahaya). Suatu danau merupakan sebuah ekosistem yang terdiri ats komunitas bermacam-macam hewan dan tumbuhan danau, air, mineral-mineral, oksigen terlarut, tanah, dan cahaya. Contoh ekosistem lainnya antara lain Ekosistem laut, sawah, sungai. Setiap ekosistem memilki karakter sendiri.

5. Biom

Beberapa ekosistem daratan yang memiliki struktur dan kenampakan vegetasi yang sama, memilki sifat-sifat lingkungan yang sama, dan memilki karakteristik komunitas hewan yang sama pula membentuk suatu biom. Beberapa contoh biom adalah biom hutan hujan tropis, biom tundra, biom savanna. Gabungan semua biom yang ada di muka bumi ini nantinya disebut sebagai biosfer.

Demikian penjelasan mengenai satuan dan komponen penyusun suatu ekosistem. Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yah!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya