Home » Kongkow » Sejarah » Pengaruh Islam terhadap Masyarakat Indonesia di Bidang Politik, Sosial, Agama dan Budaya

Pengaruh Islam terhadap Masyarakat Indonesia di Bidang Politik, Sosial, Agama dan Budaya

- Kamis, 09 Desember 2021 | 16:21 WIB
Pengaruh Islam terhadap Masyarakat Indonesia di Bidang Politik, Sosial, Agama dan Budaya

Sebelum agama Islam masuk ke Indonesia masyarakat masih menganut agama Hindu dan Buddha. Islam yang masuk ke Indonesia mampu mempengaruhi dan membawa perubahan diberbagai aspek kehidupan masyarakat.

Baca juga: Islam dan Jaringan Perdagangan Antarpulau

Berikut ini rangkuman Pengaruh Islam terhadap Masyarakat Indonesia di Bidang Politik, Sosial, Agama dan Budaya.

a. Pengaruh dalam Bidang Politik

Pengaruh ini dapat dilihat dalam sistem pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia seperti konsep khilafah atau kesultanan yang sering kita jumpai pada kerajaan-kerajaan seperti Aceh, Mataram. Demak, Banten dan Tidore.

b. Pengaruh dibidang sosial

Dalam bidang Sosial, masuknya Islam ke Indonesia menyebabkan sistem kasta yang ada di masyarakat menjadi pudar dan hilang. Awalnya, masyarakat terbagi dalam empat golongan yang disebut kasta. Keempat kasta tersebut adalah kasta Brahmana, kasta Ksatria, kasta Waista, dan kasta Sudra. Masuknya Islam memberikan identitas baru bagi kehidupan masyarakat pada masa itu dan sistem kasta tidak dipergunakan lagi.

Baca juga: Penyebaran Islam di Nusantara

c. Pengaruh di bidang Agama

Pengaruh dalam bidang Agama dapat dilihat dengan banyaknya pemeluk agama islam di Indonesia. Meskipun begitu masih ada juga masyarakat yang memeluk agama Hindu, Buddha ataupun kepercayaan lainnya. Namun hingga saat ini, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

d. Pengaruh di bidang kebudayaan,

Adat Istiadat dan Seni Kebiasaan yang banyak berkembang dari budaya Islam dapat berupa ucapan salam, acara tahlilan, syukuran, yasinan dan lain-lain. Dalam hal kesenian, banyak dijumpai seni musik seperti kasidah, rebana, marawis, barzanji dan shalawat. Kita juga melihat pengaruh di bidang seni arsitektur rumah peribadatan atau masjid di Indonesia yang banayak dipengaruhi oleh arsitektur masjid yang ada di wilayah Timur Tengah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya