Home » Kongkow » Beasiswa » Pendaftaran STMKG 2021 untuk Lulusan SMA/SMK/MA (Gratis Pendidikan dan Ikatan Dinas)

Pendaftaran STMKG 2021 untuk Lulusan SMA/SMK/MA (Gratis Pendidikan dan Ikatan Dinas)

- Sabtu, 24 April 2021 | 08:00 WIB
Pendaftaran STMKG 2021 untuk Lulusan SMA/SMK/MA (Gratis Pendidikan dan Ikatan Dinas)

Satu lagi informasi pendaftaran sekolah kedinasan yang sedang dibuka selain pendaftaran IPDN dan pendaftaran PKN STAN Tahun 2021! Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) pada tahun akademik 2021/2022 mengundang para pemuda/i Indonesia untuk mengikuti seleksi pendaftaran STMKG pada jenjang Sarjana Terapan. Berikut informasi selengkapnya.

STMKG merupakan sekolah kedinasan dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG didirikan dengan tujuan untuk menjadi Perguruan Tinggi bertaraf internasional yang mampu menghasilkan alumni dengan kompetensi di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika sesuai dengan standar nasional dan internasional.

KUOTA DAN PROGRAM STUDI:

  1. D-IV Meteorologi (73 Taruna dan 31 Taruni)

  2. D-IV Klimatologi (22 Taruna dan 10 Taruni)

  3. D-IV Geofisika (26 Taruna dan 10 Taruni)

  4. D-IV Instrumentasi-MKG (84 Taruna dan 9 Taruni)

KEUNTUNGAN:

 

  1. Biaya pendidikan di STMKG gratis, namun taruna/i yang diterima akan ditarik biaya untuk keperluan seragam, atribut, dan lainnya. Biaya tersebut akan dibebankan hanya di awal pendidikan (yaitu saat daftar ulang) untuk 4 tahun pendidikan.

  2. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Sebagai informasi, untuk saat ini taruna/i STMKG masih tinggal di kamar indekos dan belum masuk asrama dikarenakan asrama STMKG sedang dalam proses pembangunan.

PERSYARATAN UMUM PENDAFTARAN STMKG TAHUN 2021:

  1. Pria/Wanita. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

  2. Sehat jasmani dan rohani. Tidak buta warna. Bisa berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.

  3. Berusia minimal 15 tahun dan maksimal 23 tahun pada tanggal 1 September 2021.

  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

  5. Bebas narkoba dibuktikan dengan tes kesehatan.

  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

  7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.

  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

PERSYARATAN AKADEMIK PENDAFTARAN STMKG TAHUN 2021:

  1. Lulus/akan lulus SMA/MA untuk SEMUA JURUSAN atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.

  2. Untuk peserta dari SMK dengan kompetensi keahlian yang disebutkan di atas hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG).

  3. Bagi yang akan lulus pada tahun 2021 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus. Apabila belum mendapatkan surat keterangan lulus sampai tanggal 30 April 2021, diperkenankan untuk menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas 12.

BERKAS PENDAFTARAN UNTUK SSCN DIKDIN (softcopy):

  1. Pasfoto terbaru dengan latar belakang warna merah. Format JPG, ukuran 100-200 KB.

  2. Scan KTP atau Surat Keterangan dari Dukcapil. Format JPG, ukuran 100-200 KB.

  3. Scan Ijazah/Surat Keterangan Lulus/Akan Lulus. Format PDF, ukuran 100-1000 KB.

  4. Scan Kartu Keluarga. Format PDF, ukuran 100-1000 KB.

  5. Dokumen lainnya.

TATA CARA PENDAFTARAN STMKG:

  1. Pendaftaran STMKG dapat dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan: https://dikdin.bkn.go.id.

  2. Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat di bagian Persyaratan Umum dan Persyaratan Akademik. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pelamar tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.

  3. Pada halaman Pendaftaran Akun SSCASN DIKDIN, peserta membuat akun terlebih dulu melalui menu Registrasi, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.

  4. Selanjutnya peserta Log In menggunakan password dan NIK yang telah didaftarkan, upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) serta melengkapi form.

  5. Peserta hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan, apabila terdapat kesalahan dalam memilih sekolah kedinasan, maka akan menjadi tanggung jawab pelamar sendiri, panitia tidak dapat mengubahnya dan apabila memilih lebih dari 1 pilihan Sekolah Kedinasan maka pelamar tersebut secara otomatis dinyatakan gugur/tidak dapat mengikuti tahapan seleksi administrasi.

  6. Tata Cara Pendaftaran STMKG selengkapnya bisa dibuka pada link berikut: https://ptb.stmkg.ac.id/alur. Download buku petunjuk pendaftaran yang tercantum pada link tersebut.

  7. Batas waktu pendaftaran STMKG sampai dengan 30 APRIL 2021.

  8. Biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,- dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp 50.000,-. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada link berikut: https://ptb.stmkg.ac.id/cara-bayar.

  9. Selanjutnya peserta mengikuti tahapan tes seleksi. Hasil-hasil seleksi akan diumumkan pada website STMKG: https://ptb.stmkg.ac.id.

TAHAPAN SELEKSI:

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris

  3. Tes Kebugaran, Tes Kesehatan dan Wawancara

Lokasi ujian SKD dan SKB diselenggarakan di 20 titik lokasi Kanreg/UPT BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yaitu Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar, Kupang, Makassar, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Merauke. (Nb. Lokasi yg tidak ada Kanreg/UPT untuk fasilitas CAT: Manokwari, Merauke, dan Kupang, akan ditentukan kemudian).

Apabila ada pertanyaan mengenai Pendaftaran STMKG Tahun 2021, dapat menghubungi Helpdesk live chat (pojok kanan bawah) pada website https://ptb.stmkg.ac.id dan dilayani pada jam kerja 08.00 s/d 16.00 WIB.
Sumber Informasi Resmi: https://ptb.stmkg.ac.id/
Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya