Home » Kongkow » Biologi » Pembelahan Sel Secara Mitosis

Pembelahan Sel Secara Mitosis

- Kamis, 16 Juli 2020 | 13:38 WIB
Pembelahan Sel Secara Mitosis

Pembelahan Sel adalah salah satu cara atau proses yang terjadi guna keberlanjutan kehidupan makhluk hidup. Pasti teman-teman sudah sering sekali mendengar bahkan mempelajari tentang Pembelahan Sel di Sekolah. Kira-kira Otakers tahu nggak sih mengapa makhluk hidup melakukan pembelahan sel? Kalau belum tahu mari kita bahas bersama-bersama.

Sel adalah salah satu unit structural dan fungsional terkecil yang ada pada makhluk hidup. Nah biasanya sel akan mengalami pembelahan untuk pertumbuhan, perbaikan dan reproduksi. Proses pembelahan sel dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pembelahan secara amitosis, pembelahan secara mitosis dan pembelahan secara meiosis. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pembelahan sel terutama pembelahan sel secara mitosis.

PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS

Pembelahan sel secara mitosis terjadi di sel somatik, dimana sel somatik ini berperan sebagai sel yang membentuk atau membangun tubuh yang meliputi sel kulit, sel darah dan sel otot. Sel somatik ini dikenal sebagai sel yang bersifat diploid karena memiliki dua set kromosom. Nah teman-teman tahu nggak sih kenapa sel melakukan pembelahan secara mitosis? Pembelahan sel secara mitosis terjadi untuk pertumbuhan, karena pengertian mitosis sendiri adalah suatu proses pembelahan guna menghasilkan dua sel anak yang dimana masing-masing memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya, yaitu 2n.

Pengertian sederhana dari pembelahan sel secara mitosis yaitu yang awalnya hanya ada satu sel kemudian akan membelah menjadi dua sel yang ekuivalen atau sama dengan sel induknya. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n). Mitosis merupakan salah satu dari bagian siklus sel. Pembelahan sel secara mitosis akan terjadi selama pertumbuhan dan saat reproduksi aseksual.

FASE PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS

Fase pembelahan sel secara mitosis terdiri dari profase, prometafase,  metafase, anafase dan telofase. Mari kita bahas satu-persatu fase pada pembelahan sel secara mitosis.

1. Profase

Pada tahapan awal ini akan terlihat bahwa sel induk akan membelah, fase ini akan memperlihatkan serat-serat kromatin akan berkumpul menjadi lebih rapat (memendek), kemudian inti sel akan menghilang (terdegradasi). Pada fase ini setiap kromosom yang telah terduplikasi akan terlihat sebagai dua kromatid yang sama dan saling tehubung pada bagian sentromernya. Di tahap profase ini gelendong juga mulai terbentuk. Sentrosom yang tebelah menjadi dua sentriol akan bergerak saling menjauh dan pergerakan menjauh ini terjadi karena adanya dorongan dari benang spindle (sentriol) yang memanjang.

2. Prometafase

Sebelum memasuki fase metafase  sel akan berada pada tahap prometafase terlebih dahulu. Pada tahapan ini akan banyak sekali yang terjadi, yaitu terfragmentasinya selaput nucleus, kemudian mikrotubulus yang memanjang pada masing-masing sentrosom akan memasuki bagian atau wilayah nucleus, dan tahapan prometafase juga terjadi terkondensasinya kromosom. Kedua kromatid yang terdapat di kromosom akan memiliki kinetokor seperti struktur protein yang terletak pasa sentromer. Sederhananya dalam tahapan prometafase ini membrane nucleus akan semkain memudar dan mulai terbentuk kromosom yang awalnya tumpeng tindih akan semakin terlihat jelas. Kromosom kemudian bergerak menuju bidang ekuator atau bidang pembelahan dan pada tahap ini juga terlihat bahwa sentriol sudah berada pada kutubnya masing-masing.

3. Metafase

Tahapan ini adalah tahapan yang paling lama yaitu akan berlangsung selama 20 menit. Pada tahapan metafase akan terlihat bahwa kromosom sudah berada sejajar dengan bidang ekuator. Mengapa pada tahapan ini kromosom dapat berada ditengah dan sejajajr dengan bidang ekuaotor? Karena adaanya benang-benang spindle atau sentriol membuat kromosom berjejer ditengah yang sejajar dengan bidang ekuator, jadi seolah-olah kromosom berpegang pada benang gelendong pembelahan. Pada fase ini kromosom tampak paling jelas.

4. Anafase

Pada tahapan ini terlihat bahwa kromosom akan berpisah atau terpisah. Setiap kromosom akan ditarik kearah kutub yang berlawanan oleh benang-benang spindle atau kinetokor. Tahapan ini belangsung sangat cepat dan berbeda dengan tahapan metafase yang membutuhkan waktu lebih lama.

5. Telofase

Nah pada tahapan ini sudah mulai terlihat dan terbentuknya calon dua sel. Jadi saat tahapan telofase ini ketika kromosom berubah menjadi kromatin. Benang Gelendong atau benang sentriol pun menghilang dan membran inti serta nucleus akan terbentuk kembali.

Oke Otakers.. itulah beberapa tahapan yang terjadi saat pemebalah sel secara mitosis dan perlu teman-teman ketahui juga, setelah melewati beberapa fase pembelahan sel aka nada fase atau tahapan istirahat. Tahapan ini disebut sebagai tahapan Interfase. Pada tahapan interfase ini inti sel mempersiapkan diri untuk pembelahan lagi dengan mengumpulkan materi dan energi.

Sekarang teman-teman sudah mengetahui ap aitu pemebelahan sel secara mitosis, nah untuk artikel selanjutnya kita akan menjelaskan tentang pembelahan sel secara meiosis. Stay Tune terus ya di website kita. Nah untuk lebih jelasnya nonton video kita tentang Fase-Fase Pembelahan Sel dibawah ini . Salam dari Sabang sampai Merauke. 

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya