Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengenal Lebih Dekat Populasi Dalam Statistika

Mengenal Lebih Dekat Populasi Dalam Statistika

- Minggu, 26 April 2020 | 07:33 WIB
Mengenal Lebih Dekat Populasi Dalam Statistika
Mengenal lebih dekat populasi dalam statistika. Statistika adalah salah satu bentuk pengumpulan data yang kemudian diolah dan dianalisis sehingga bisa menyajikan suatu kesimpulan yang berasal dari data-data yang telah dikumpulkan.

Nah sobat! di dalam statistika ini dikenal istilah populasi, apa sih yang dimaksud dengan populasi? Dalam statistika populasi adalah suatu obyek yang menjadi pusat perhatian dalam suatu penelitian, dimana populasi bisa berupa makhluk hidup seperti, manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda lain serta gejala tertentu.

Populasi sendiri terbagi menjadi 2 bagian nih sobat, berikut adalah macam serta penjelasannya.
Populasi berdasarkan jumlah

Berdasarkan jumlahnya populasi terbagi menjadi dua macam, yakni:
1. Populasi terhingga

Populasi terhingga atau terbatas merupakan suatu obyek kajian yang berbilang dan dapat dideskripsikan dengan pasti jumlahnya.
Contohnya: penelitian terhadap 34 orang siswa kelas XII MIA 5.

2. Populasi tak terhingga

Populasi tak terhingga merupakan populasi dalam statistika yang tidak memiliki batasan sehingga tak dapat ditentukan dengan pasti jumlahnya.
Contohnya: Penelitian terhadap para pengemis dan glandangan di area madiun kota.
Populasi berdasarkan sifatnya

Berdasarkan dari sifatnya populasi terbagi menjadi 2 macam, yaitu:
1. Populasi homogen

Populasi homogen adalah obyek kajian yang memiliki keseragaman, baik keseragaman bentuk,sifat, maupun keadaan. Sehingga para peneliti tak perlu lagi memperhitungkan kuantitas dari populasi tersebut. Contohnya: Penelitian terhadap bunga mawar merah yang ada di dalam taman klono sewandono.

2. Populasi heterogen

Populasi heterogen ialah obyek kajian yang memiliki keaneka ragaman baik keanekaragaman bentuk, sifat, dan keadaan sehingga kuantitasnya sangat perlu diperhatikan oleh para peneliti dalam melakukan penelitian. Contohnya: Penelitian terhadap tumbuhan yang ada di dalam taman klono sewandono

Wah! ternyata kedudukan populasi dalam penelitian sangat amat penting ya sobat, dan banyak pula jenis serta macamnya.

Sekarang sobat semua sudah tahu kan terkait dengan populasi dalam statistika beserta jenis dan contoh penelitiannya. Harap diingat dengan baik ya sobat agar tidak keliru dalam melakukan penelitian nantinya.
Cari Artikel Lainnya