Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengambil Data dari Harddisk yang Sudah Diformat

Mengambil Data dari Harddisk yang Sudah Diformat

- Senin, 17 Juni 2019 | 09:10 WIB
Mengambil Data dari Harddisk yang Sudah Diformat

Pernah memformat harddisk? Mungkin saat komputer kita mengalami kerusakan akibat virus atau yang lainnya sehingga perlu mensetting ulang atau menghapus isi harddisk. Apalagi bila yang Anda hapus adalah harddisk klien yang sedang memperbaiki komputer di tempat Anda, pasti jadi masalah besar. Tenang, harddisk yang sudah diformat tersebut bisa dikembalikan. Bagaimana caranya?

Untuk mengembalikan data yang telah terhapus dari harddisk Anda kita perlu software ontrack data recovery. Perlu diketahui bahwa ontrack data recovery merupakan salah satu bagian dari ontrack easy recovery professional. Software ini ternyata memiliki banyak manfaat, bukan hanya mengembalikan data harddisk yang sudah diformat, namun juga bisa memperbaiki beberapa file yang berbasis word, exel, power point, access (Microsoft office) dan file yang berupa zip file.

Ada beberapa pilihan pengembalian data harddisk yang sudah diformat yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah advance recovery, format recovery, delete recovery dan Raw recovery. Semua memiliki perbedaan.
1. Advance recovery bersifat keseluruhan. Artinya data yang hilang oleh terhapus atau virus akan dikembalikan semuanya.
2. Format recovery lebih bersifat spesifik karena hanya mengembalikan data yang sudah terformat saja sehingga tidak perlu memilah-milah.
3. Bila data Anda terhapus (bukan karena virus) dan sudah tidak ada di recycle bin, maka pilihan delete recovery adalah yang paling tepat.
4. Kehebatan raw recovery sangat diakui karena dapat mengembalikan file yang telah terhapus berulangkali. Bedanya, nama dari file yang telah terhapus ini tidak sama dengan nama yang dimiliki sebelumnya. Ia hanya berupa urutan angka sehingga Anda harus menseleksi satu persatu.

Dalam merecovery data ini bisa memakan waktu yang lama. Biasanya untuk 120 data memerlukan waktu 12 jam. Kelamaan? Memang iya, namun bila file tersebut penting tentu bukan masalah. mungkin itulah sebabnya jasa recovery mematok harga tinggi. Setelah berhasil merecovery sebaiknya segera save di harddisk atau yang lainnya hingga selesai.

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Cari Artikel Lainnya