Home » Kongkow » Hai Otakers » Mekanisme Transpor Pada Membran Sel || BIOLOGI SMA

Mekanisme Transpor Pada Membran Sel || BIOLOGI SMA

Membran sel adalah fitur universal yang dimiliki semua jenis sel berupa lapisan antarmuka yang disebut membran plasma, yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel, berfungsi melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.

Membran sel atau dinding sel adalah suatu fitur yang dimiliki semua jenis sel manusia yang berfungsi sebagai pemisah antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan luar sel.

Membran sel tersusun dari senyawa lipoprotein yaitu gabungan dari lemak (lipid) dengan senyawa protein.

Adapun transpor pada membran ini memiliki banyak manfaat, diantaranya menjaga kestabilan pH, menjaga konsentrasi zat dalam sel, memperoleh pasokan zat makanan dan bahan energi, membuang sisa metabolisme yang beracun, serta memasok ion-ion penting ke dalam sel.

Disamping itu, dalam pergerakan zat melintasi membran ini dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu transpor pasif dan transpor aktif.

Simak selengkapnya berikut ini...

Simak terus video kita ya. Kira-kira kalian ingin kita buat video apalagi ya? komen yuk Dannnn.... Jangan lupa dukung kita dengan cara subscribe channel kita, like, komen, dan share video kita. Salam dari sabang sampai merauke

Cari Artikel Lainnya