Home » Kongkow » Kesehatan » Manfaat Olahraga Bagi tubuh

Manfaat Olahraga Bagi tubuh

- Selasa, 28 Desember 2021 | 07:00 WIB
Manfaat Olahraga Bagi tubuh

Manfaat olahraga dapat diibaratkan sebagai "keajaiban" bagi kesehatan tubuh, apalagi jika rutin dilakukan. 

Entah itu lari di pagi hari, angkat beban di gym, joging bersama teman, bermain basket atau lainnya. Olahraga adalah semua aktivitas yang mengharuskan otot bergerak dan terbakarnya kalori dari dalam tubuh.

Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Maka dari itu, kenalilah segudang manfaat olahraga untuk kesehatan jika rutin dilakukan.

Manfaat olahraga yang bisa membawa "keajaiban" bagi tubuh

Manfaat olahraga bagi kesehatan sangatlah banyak. Faktanya, manfaat olahraga dapat mencegah berbagai macam penyakit datang ke tubuh Anda. Sesibuk apapun Anda, tidak ada kata telat untuk memulai olahraga. Oleh karena itu, lenalilah beragam manfaat olahraga ini supaya Anda semakin semangat berkeringat!

1. Menjaga berat badan

Manfaat olahraga yang pertama adalah menjaga berat badan yang ideal. Ketahuilah, berat badan berlebih atau obesitas mampu mengundang berbagai macam penyakit datang. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda bisa menjaga berat badan sehingga penyakit ogah datang.Manfaat olahraga yang satu ini dapat dirasakan karena saat otot bergerak, kalori akan terbakar. Apalagi kalau Anda melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, seperti lari.Tidak punya waktu untuk berolahraga di gym? Jangan khawatir, berlari atau joging di sekitar rumah saja sudah dianggap cukup, asal dilakukan secara konsisten!

2. Mencegah datangnya penyakit mematikan

Takut akan penyakit jantung? Khawatir akan tekanan darah yang sangat tinggi? Segera lakukan olahraga secara rutin.Tidak peduli berat badan Anda sekarang, olahraga secara rutin akan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sebab, melakukan olahraga bisa menjaga lancarnya aliran darah, sehingga penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dapat dihindari.Selain penyakit jantung, ada banyak penyakit mengerikan lain yang bisa dihindari dengan manfaat olahraga, seperti:

  • Stroke

  • Tekanan darah tinggi

  • Diabetes tipe 2

  • Depresi

  • Gangguan kecemasan

  • Berbagai macam jenis kanker

  • Nyeri sendi

Jadi, Anda tak punya alasan lagi untuk menunda berolahraga, ya!

3. Memperkuat tulang dan otot

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat tulang dan otot. Bagi Anda yang masih muda, mungkin masalah tulang dan otot bukanlah kondisi utama yang harus dikhawatirkan. Namun bagi orang lanjut usia, masalah tulang dan otot adalah mimpi buruk yang harus dihindari.Jangan sampai terlambat. Mulailah berolahraga walaupun usia Anda masih muda, untuk mencegah kelemahan tulang dan otot di usia tua.Ketahuilah, berolahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang dan kekuatan otot, sehingga di usia tua, nyeri tulang dan otot dapat dihindari.

4. Meningkatkan suasana hati

Suasana hati yang “uring-uringan” bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tenang saja, berolahragalah secara rutin, maka suasana hati Anda bisa diperbaiki.Jika tidak ada waktu untuk angkat beban di gym, berlatihlah di rumah dan lakukan joging bersama teman atau keluarga. Sambil menghirup udara segar, aktivitas fisik ini bisa merangsang berbagai hormon kebahagiaan (serotonin) di dalam otak, sehingga suasana hati pun terobati.Lebih dari itu, manfaat olahraga juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, karena penampilan fisik tubuh menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan energi

Manfaat olahraga ini pastinya dibutuhkan oleh mereka yang seringkali merasa lesu. Ya, meningkatkan energi adalah salah satu manfaat olahraga yang tentunya dibutuhkan tubuh.Sebab, oksigen akan “terdistribusi” dengan baik ke dalam jaringan tubuh, sehingga jantung akan bekerja lebih baik. Saat kesehatan jantung dan paru-paru terjaga, maka energi pun bertambah!

6. Meningkatkan kualitas tidur

Setelah bekerja seharian, tubuh membutuhkan kualitas tidur yang baik. Namun, bagaimana jika tidur yang baik dan cukup tak dapat diraih? Olahraga rutin jawabannya!Manfaat olahraga tidak hanya menyehatkan kesehatan fisik, tapi juga menjaga kualitas tidur Anda. Selain itu, manfaat olahraga juga bisa membuat Anda cepat terlelap.Namun ingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur, ya. Sebab, hal ini bisa membuat Anda malah susah mengantuk.

7. Meningkatkan kesehatan seksual

Manfaat olahraga ini tentunya dibutuhkan oleh pasangan suami-istri yang ingin meningkatkan keintiman dalam hubungannya. Ya, meningkatnya kesehatan seksual adalah manfaat olahraga yang tentunya bisa menghangatkan rumah tangga.Bagi pria, melakukan olahraga ternyata bisa mencegah disfungsi ereksi. Sementara itu untuk wanita, berolahraga mampu meningkatkan gairah seksual di ranjang.

8. Memperpanjang umur

Tidak hanya satu atau dua riset yang membuktikan bahwa manfaat olahraga bisa memperpanjang umur. Nyatanya, aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah kematian akibat penyakit berbahaya seperti penyakit jantung ataupun kanker.

9. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat olahraga untuk otak sangatlah banyak. Pertama, saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih kencang, sehingga aliran darah ke otak pun lancar.Selain itu, manfaat olahraga bisa merangsang produksi hormon yang mampu meningkatkan pertumbuhan sel otak.Dalam beberapa penelitian, manfaat olahraga terbukti bisa menghambat perubahan di otak yang diakibatkan oleh penyakit Alzheimer atau skrizofrenia.

Cari Artikel Lainnya