Home » Kongkow » Geografi » Letak dan Batas Wilayah Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Letak dan Batas Wilayah Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

- Kamis, 16 Desember 2021 | 08:24 WIB
Letak dan Batas Wilayah Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Untuk mengetahui batas wilayah Indonesia dilakukan dengan cara melihat garis bujur dan lintang berdasarkan letak astronomisnya. Begitu juga secara geografis, batas wilayah Indonesia dibagi menjadi empat yakni wilayah Indonesia Timur, Barat, Utara dan Selatan. Lalu bagaimana batas wilayah Indonesia secara astronomis dan geografis?

Letak dan Batas Wilayah Indonesia

Letak astronomis merupakan pembagian letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, letak astronomis Indonesia berada pada 6o LU – 11o LS dan 95 oBT – 141o BT.

Garis Lintang

Garis lintang adalah garis khayal/imajiner yang melintang di permukaan bumi dari barat ke timur. Garis lintang membagi bumi menjadi 2 bagian sama besar secara horizontal. Kedua bagian tersbut adalah bagian utara dan selatan. Bagian bumi sebalah utara garis lintang disebut sebagai Lintang Utara (LU). Sedangkan bagian bumi sebalah selatan garis lintang disebut sebagai Lintang Selatan (LS).

Berdasarkan letak garis lintang, letak Indonesia berada pada 6o LU – 11o LS.

Garis Bujur

Garis bujur adalah garis khayal/imajiner yang menghubungkan kutub selatan dan kutub utara bumi secara vertikal. Sehingga, garis bujur membagi bumi menjadi 2 bagian besar yaitu bagian barat dan bagian timur. Belahan bumi bagian barat biasa disebut dengan Bujur Barat (BB). Sedangkan belahan bumi bagian timur biasa disebut dengan Bujur Timur (BT).

Letak posisi nol derajat yang menjadi garis dasar pembagi Bujur Barat dan Bujur Timur terdapat di Kota Greenwich, Inggris. Letak posisi nol ini merupakan kesepakatan dunia internasional. Dari titik nol derajat bujur (garis meridian) merupakan titik awal perhitungan waktu internasional yang biasa kita kenal sebagai Greenwich Mean Time (GMT).

Berdasarkan garis pembagian garis bujur ini, letak Indonesia berada pada 95 o BT – 141o BT.

Letak Geografis Indonesia

Berdasarkan letak geografis Indonesia, Indonesia berada di antara dua benua , yaitu Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia juga terletak di antara dua samudra, yaitu Hindia dan Pasifik. Berikut ini batas wilayah Indonesia. 

1. Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Batas wilayah Indonesia bagian barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India. Selain itu, Pulau Ronde (Indonesia) dan Nicobar (India), berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Laut Andaman. 

2. Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Sementara itu, batas wilayah Indonesia bagian Timur berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik. 

3. Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Di bagian utara Indonesia terdapat Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Sementara pada bagian utara, berbatasan langsung dengan sejumlah negara Asia yakni Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

4. Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Pada bagian selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Namun, di tahun 1999 Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi negara bagian tersendiri. 

Itulah batas wilayah Indonesia baik secara astronomis maupun secara geografis yang dibagi menjadi bagian barat, timur, utara, dan selatan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya