Home » Kongkow » Geografi » Kondisi Iklim, Penduduk dan Bentuk Muka Bumi Negara Jepang

Kondisi Iklim, Penduduk dan Bentuk Muka Bumi Negara Jepang

- Senin, 15 November 2021 | 17:04 WIB
Kondisi Iklim, Penduduk dan Bentuk Muka Bumi Negara Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia Timur. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan pendidikan serta Ipteknya. Karena terletak di pertemuan lempengan kerak bumi, membuat kondisi tanahnya labil dan sering terjadi gempa yang memicu tsunami. Meski cukup rawan, namun masyarakatnya sudah membiasakan diri dengan kondisi tersebut dan memiliki kesadaran yang cukup tinggi.

Jepang beriklim Sedang dengan empat musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Musim semi dimulai sekitar bulan Maret, Musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni, Musim gugur sekitar September, Musim dingin sekitar Desember.

Baca juga: Kondisi Penduduk dan Perekonomian di Negara Australia

Letak Astronomis dan geografis Negara Jepang

Secara astronomis Jepang berada di 30ºLU–47ºLU dan 128ºBT–146ºBT. Jika dilihat secara geografis, maka letak geografis negara Jepang adalah:

Sebelah Utara : Laut Okhstosk
Sebelah Selatan : Laut China Timur dan Laut Filipina
Sebelah Barat : Laut Jepang dan Selat Korea.
Sebelah Timur : Samudera Pasifik

Bentuk Muka Bumi (Geologis) Negara jepang

Jepang dilalui oleh jalur rangkaian gunung api Asia Pasifik yang cukup aktif. Wilayah ini mungkin terlihat berbahaya namun sebenarnya memberikan banyak keuntungan terutama dari segi pertanian dan perikanan.

Jepang memiliki wilayah dataran yang kecil yaitu sekitar 30% dari luas wilayahnya. Sebagian besar atau 70-80% wilayahnya terdiri atas pegunungan. 

Baca juga: Letak Wilayah, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

Wilayah dari negara ini memiliki karakter yang berbeda-beda, diantaranya berupa pegunungan, dataran tinggi  dan kepulauan. Namun, sebagian besar daerahnya berupa daratan yang dimanfaatkan sebagai pemukiman dan lahan bercocok tanam.

Daerah pegunungan di wilayah Jepang juga memiliki kesuburan yang cukup tinggi meski ada gunung yang masih aktif. Letak geologis dari negara ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

  • Dataran tinggi yang berada di sekitar gunung fuji dan gunung berapi lainnya yang berada di pulau Honshu

  • Dataran rendah seperti dataran rendah Kwanto, Kinki, dan Nobi

  • Daerah pantai yang lokasi terbesarnya ada di Danau Bima Kyoto

Kondisi Penduduk Negara jepang

Ibukota negara Jepang berada di tokyo. Kepadatan penduduk di negara ini bisa dikendalikan meski untuk beberapa kota besar jumlah penghuninya cukup banyak dibanding dengan daerah pedesaan. 

Negara ini menganut sistem ekonomi bebas yang sangat menunjang produksi beberapa barang elektronik. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk Jepang bekerja di sektor industri.

Jepang memiliki penduduk sebesar 126,9 juta jiwa (WPDS, 2015). Walaupun jumlah penduduknya besar tetapi ada kecenderungan terus mengalami penurunan. Angka kelahiran di Jepang relatif rendah, sehingga terjadi penurunan jumlah penduduk. Sementara itu, jumlah penduduk lanjut usia semakin besar jumlahnya karena keadaan kesehatan yang lebih baik.

Wilayah Jepang yang terbagi menjadi beberapa perfektur membuat masing-masing daerah memiliki budaya sendiri yang khas. Beberapa budaya yang masih terpelihara hingga saat ini diantaranya Harajuku, kabuki, origami, budaya minum teh, dan kimono.

Cari Artikel Lainnya