Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » India menjadi salah satu negara yang menjadi pelopor pengakuan Internasional atas kemerdekaan Indonesia. Salah satu peran India dalam mendukung kemerdekaan Indonesia adalah

India menjadi salah satu negara yang menjadi pelopor pengakuan Internasional atas kemerdekaan Indonesia. Salah satu peran India dalam mendukung kemerdekaan Indonesia adalah

- Senin, 22 Agustus 2022 | 10:00 WIB
India menjadi salah satu negara yang menjadi pelopor pengakuan Internasional atas kemerdekaan Indonesia. Salah satu peran India dalam mendukung kemerdekaan Indonesia adalah

India menjadi salah satu negara yang menjadi pelopor pengakuan Internasional atas kemerdekaan Indonesia. Salah satu peran India dalam mendukung kemerdekaan Indonesia adalah Menyampaikan hasil Resolusi New Delhi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membahas tentang agresi Belanda atas Republik Indonesia untuk segera dihentikan.

Pembahasan

Dalam meraih kemerdekaannya, Indonesia mendapatkan dukungan dari beberapa negara, salah satunya India. Bentuk dukungan India terhadap kemerdekaan Indonesia berupa dukungan moral dan material.

Alasan India mengakui kemerdekaan Indonesia adalah adanya persamaan kebudayaan (Hindu-Buddha), persamaan nasib (pernah dijajah), dan hubungan dekat antara Jawaharlal Nehru dan Mohammad Hatta. 

Selain itu, pada 1946, Indonesia melalui Sutan Sjahrir berinisiatif untuk membantu India yang sempat mengalami krisis pangan dan bencana kelaparan dengan memberi bantuan beras sebanyak 500.000 ton.

India juga aktif mendukung Indonesia di forum-forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada 31 Juli 1947, India dan Australia mengajukan masalah Indonesia-Belanda setelah Agresi Militer Belanda I, ke DK PBB. 

Hasilnya, PBB mengeluarkan resolusi 1 Agustus 1947 untuk menghentikan pertikaian Indonesia dan Belanda. India juga menjadi penggagas resolusi bangsa-bangsa Asia-Afrika yang mengecam Agresi Militer Belanda II ke Yogyakarta pada 19 Desember 1948. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya