Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada Tahun 1947 yang bertempat di Negara

Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada Tahun 1947 yang bertempat di Negara

- Rabu, 08 Juni 2022 | 16:39 WIB
Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada Tahun 1947 yang bertempat di Negara

Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada Tahun 1947 yang bertempat di Negara Polandia.

Pembahasan

Permainan Bola Voli pertama kali diciptakan oleh William G Morgan yaitu seorang pembina pendidikan jasmani pada organisasi Young Men's Christian Association di kota Massachusetts Amerika Serikat. Permainan ini pertama kali diberi nama "Mintonette", di mana permainannya permainannya hampir sama dengan bulutangkis.

Jumlah pemain tidak terbatas, sesuai dengan tujuan semula yaitu untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh disamping melakukan senam aerobik secara umum.

Kemudian permainan ini diubah menjadi Volley Ball yang artinya memvoli bola secara bergantian. Pada tahun 1892 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di negara Amerika Serikat.

Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada Tahun 1947 yang bertempat di Negara Polandia. Namun, kejuaraan tersebut bukan kompetisi resmi di bawah naungan FIVB (Federasi Bola Voli Internasional).

Pasalnya, FIVB baru didirikan pada tahun 1948 dengan beranggotakan 15 negara dan berpusat di paris. Sementara kejuaraan bola voli resmi di bawah naungan FIVB pertama kali digelar di Kota Praha, Republik Ceko (dulu Cekoslovakia), pada 1949.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya