Home » Kongkow » Olahraga » Sejarah Berkembangnya Cabang Olahraga Bola Voli, Termasuk di Indonesia

Sejarah Berkembangnya Cabang Olahraga Bola Voli, Termasuk di Indonesia

- Kamis, 08 Oktober 2020 | 21:38 WIB
Sejarah Berkembangnya Cabang Olahraga Bola Voli, Termasuk di Indonesia

BOLA voli adalah cabang olahraga yang melambungkan bola melewati di atas jaring atau net. Tujuannya agar dapat menjatuhkan bola di dalam lapangan permainan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain. 

Melambungkan dan memantulkan bola ke udara boleh memakai bagian tubuh mana saja. Asalkan sentuhan atau pantulannya harus sempurna.

Permainan bola voli mulanya dimainkan untuk aktivitas rekreasi, untuk para usahawan. Permainan bola voli kemudian berkembang dan menjadi populer di daerah pariwisata dan dilakukan di lapangan terbuka, tepatnya di Amerika Serikat pada musim panas tiba.

Selanjutnya berkembang ke Kanada. Melalui gerakan internasional YMCA, permainan bola voli meluas ke negara lainnya, yaitu Kuba (tahun 1905), Puerto Rico (tahun 1909), Uruguay (tahun 1912), dan Cina serta Jepang (tahun 1913).

Permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. 

Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bola voli
Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. 

Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan bola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan.*

Sumber : .
Cari Artikel Lainnya