Home » Kongkow » Tahukah Kamu » KEINDAHAN ANGGREK HITAM ASLI PAPUA. BEGINI PENAMPAKANNYA!

KEINDAHAN ANGGREK HITAM ASLI PAPUA. BEGINI PENAMPAKANNYA!

- Senin, 15 Juli 2019 | 09:48 WIB
KEINDAHAN ANGGREK HITAM ASLI PAPUA. BEGINI PENAMPAKANNYA!

anggrek hitam

Intip kecantikan anggrek hitam, si bunga eksotis asal Papua yang harganya selangit. Penasaran bagaimana rupanya? Baca selengkapnya di sini! Indonesia memang kaya dengan flora dan faunanya. Ini dikarenakan posisi negeri kita yang berada di garis Katulistiwa sehingga termasuk dalam deretan negara-negara tropis di dunia. Negara yang memiliki iklim tropis cenderung diberkati dengan curah hujan yang lebih tinggi. Karena alasan tersebut, hutan-hutan di negeri kita juga disebut hutan tropis yang di dalamnya kaya akan hewan dan tumbuhan. Salah satu tumbuhan langka yang hidup di hutan tropis kita adalah anggrek hitam. Bunga langka eksotis ini hanya bisa ditemukan di Papua dan harganya pun selangit. Yuk, kita intip keunikannya di sini!

Anggrek Hitam, Si Cantik Kebanggaan Bangsa

anggrek hitam

Anggrek merupakan salah satu bunga terpopuler di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang membudidayakan bunga eksotis ini di pekarangan rumah mereka. Dari sejumlah jenis di atas, anggrek hitam-lah yang paling langka. Di Indonesia, ada dua jenis anggrek hitam yang keberadaannya termasuk ke dalam flora dan fauna yang dilindungi oleh hukum, yaitu anggrek khas Kalimantan dan Papua. Keduanya sama-sama memiliki warna hitam pada bunganya, hanya penempatan dan coraknya saja yang berbeda. Anggrek asal pulau Kalimantan memiliki kelopak dan helai bunga yang dihiasi warna hijau terang dan cantik. Warna hitam pada anggrek khas Kalimantan itu hanyalah berupa bercak-bercak pada bagian tengah bunga. Sementara anggrek asal Papua memiliki kelopak bunga berwarna hitam pekat secara keseluruhan. Anggrek ini tumbuh secara liar dan lumayan susah dipelihara di rumah karena harus ditempatkan pada suhu tropis yang sempurna.

Bunga Langka Berharga Selangit

anggrek hitam

Kalau bicara masalah harga, anggrek hitam Papua pemenangnya. Anggrek yang kerap diburu oleh para kolektor tanaman hias ini bisa mencapat ratusan juta rupiah. Sayangnya, berkat alasan yang sama, bunga ini marak diselundupkan keluar Papua, sampai keluar negeri. Ini cukup mengkhawatirkan karena dapat membahayakan populasi anggrek secara keseluruhan. Anggrek yang dibudidayakan diluar wilayah tropis tidak dapat tumbuh dengan sempurna atau mati, yang akhirnya akan mengikis keberadaan bunga spesial ini. Rasio keberhasilan tumbuhnya anggrek istimewa ini di luar Papua kurang lebih hanya sebesar 20% sampai 30%.

Manfaat Anggrek Hitam

anggrek hitam

Tidak hanya langka, anggrek khas Papua ini juga memiliki banyak manfaatnya. Hal ini jarang diketahui mengingat jumlah anggreknya yang terbatas dan keinginan pemerintah yang menjaganya sebagai flora yang terancam punah. Berikut adalah manfaat-manfaat anggrek hitam:

  1. Menghentikan pendarahan pada rahim
  2. Obat anti diare
  3. Mengobati sakit maag
  4. Mengobati rasa mual-mual
  5. Menyebutkan penyakit musim dingin

Semoga bermanfaat artikelnya ya, !

 

Cari Artikel Lainnya