Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Dalam Kedudukannya Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Pancasila Merupakan

Dalam Kedudukannya Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Pancasila Merupakan

- Kamis, 30 Juni 2022 | 12:00 WIB
Dalam Kedudukannya Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Pancasila Merupakan

Dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, pancasila merupakan Pegangan dan pedoman hidup bangsa Indonesia.

Pembahasan

Soekarno menyebut Pancasila sebagai philosopische grondslag atau pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila memiliki dua kepentingan yaitu:

a. Pancasila diharapkan senantiasa menjadi pedoman dan petunjuk dalam menjalani keseharian hidup manusia Indonesia baik dalam berkeluarga, bermasyarakat maupun berbangsa.

b. Pancasila diharapkan sebagai dasar negara sehingga suatu kewajiban bahwa dalam segala tatanan kenegaraan entah itu dalam hukum, politik, ekonomi maupun sosial masyarakat harus berdasarkan dan bertujuan pada Pancasila.

Pancasila dalam kedudukannya sebagai kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki dan diyakıni kebenarannya oleh bangsa Indonesia, telah dirumuskan dalam alinea keempat pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Dalam kedudukannya yang demikian Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya