Home » Kongkow » Biologi » Contoh Penerapan Pewarisan Sifat pada Pemuliaan Makhluk Hidup

Contoh Penerapan Pewarisan Sifat pada Pemuliaan Makhluk Hidup

- Kamis, 29 September 2022 | 06:00 WIB
Contoh Penerapan Pewarisan Sifat pada Pemuliaan Makhluk Hidup

Pemuliaan makhluk hidup merupakan suatu usaha penerapan pewarisan sifat agar memiliki keturunan dengan kualitas yang lebih baik. Pewarisan sifat sendiri bukan hanya terjadi pada manusia namun juga terjadi pada tumbuhan maupun hewan. Pada umumnya cara memperoleh kualitas keturunan yang lebih baik antara lain dengan cara seleksi bibit unggul serta hibridisasi.

Baca Juga:

Gen dan Kromosom dalam Pewarisan Sifat

Persilangan Monohibrida pada Tanaman Kacang Ercis

Berikut ini penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup antara lain:

a. Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan Tumbuhan

- Padi hibrida dapat menghasilkan beras lebih banyak, lebih wangi, lebih pulen, dan lebih cepat dipanen. Contoh pada padi hibrida adalah varietas Arize, IPB 4S, Intani, Bernas Prima, dan juga PPH.

- Menyilangkan tanaman kedelai biji bulat hijau dengan tanaman kedelai biji kisut warna kuning untuk mendapatkan hasil kedelai biji bulat warna kuning.

- Jagung hibrida, yaitu jagung jenis unggul yang sering digunakan oleh petani supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun jenis jagung hibrida antara lain Hibrida C1, Hibrida CP1 dan CP2, Hibrida IPB 4, HIbrida Pioneer 2, Malin, metro, dan varietas Bima.

b. Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan Hewan

- Menyilangkan kucing dengan rambut lebat dan halus dengan sesamanya agar diperoleh anakan dengan rambut lebat dan halus pula.

- Ayam boiler yang merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis ayam. Ayam boiler dikenal dengan daging banyak dan menghasilkan banyak telur jika dibandingkan dengan ayam jenis lain.

- Sapi Madrasin yang merupakan hasil persilangan antara sapi Madura dengan sapi Limousin.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya