Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Berapakah Suhu Tubuh Normal Manusia?

Berapakah Suhu Tubuh Normal Manusia?

- Rabu, 23 Maret 2022 | 10:00 WIB
Berapakah Suhu Tubuh Normal Manusia?

Suhu tubuh normal manusia bisa terus berubah sepanjang hari. Hal ini dikarenakan tubuh manusia mampu mengubah sendiri suhu intinya sesuai dengan musim dan lingkungan sekitarnya. Suhu tubuh orang yang sehat bisa naik-turun sekitar 0,5°C dalam sehari, bisa lebih rendah di pagi hari dan lebih tinggi di sore ke malam hari, tergantung dari apa aktivitas Anda di hari itu.

Artinya, suhu tubuh yang selalu berubah sebenarnya adalah bagian alami dari mekanisme pertahanan tubuh Anda. Namun penting untuk memastikan bahwa suhu tubuh yang naik-turun bukanlah hasil dari kondisi medis yang mendasarinya. Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang suhu tubuh normal manusia, dan apa yang bisa menyebabkan perubahannya.

Sebuah studi yang diterbitkan bertahun-tahun yang lalu di Journal of American Medical Association menemukan Orang yang sehat akan mempunyai suhu tubuh rata-rata 36,7°C, bukannya pas 37°C. Secara umum, dunia medis menyepakati bahwa suhu tubuh normal berkisar antara 36,1°C sampai 37,2°C.

Meski standar tersebut juga akan banyak bergantung pada:

  • Kondisi fisik orang tersebut.
  • Usia.
  • Aktivitas apa saja yang telah mereka lakukan.
  • Waktu di hari tersebut.
  • Bagian mana dari tubuh Anda yang diukur suhunya — Misalnya, pembacaan suhu dari ketiak biasanya menunjukkan 0.5°C lebih rendah dari suhu inti tubuh.

Suhu tubuh yang terlalu rendah (di bawah 35ºC) pada umumnya menjadi pertanda penyakit tertentu.

Dengan demikian, batasan suhu tubuh agar bisa dibilang demam juga akan berbeda untuk setiap orang berdasarkan waktu di hari tersebut. Intinya adalah, untuk bisa mengetahui suhu tubuh normal seseorang, setiap variasi faktornya harus ikut diperhitungkan.

Cari Artikel Lainnya