Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Pemerintah S3 Swiss 2022 – 2023

Beasiswa Pemerintah S3 Swiss 2022 – 2023

- Jumat, 10 September 2021 | 08:36 WIB
Beasiswa Pemerintah S3 Swiss 2022 – 2023

Pemerintah Swiss kembali membuka Swiss Government Excellence Scholarships. Beasiswa internasional yang ditujukan bagi mahasiswa asing di luar Swiss. Khusus Indonesia, Beasiswa Pemerintah Swiss 2022 – 2023 dapat diikuti untuk studi S3, postdoktoral, dan riset.

Kandidat yang terpilih akan memperoleh beasiswa S3 maksimum tiga tahun (36 bulan), beasiswa postdoktoral 12 bulan, dan beasiswa riset 12 bulan. Komponen beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, bebas biaya kuliah, asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang di akhir beasiswa, tunjangan khusus perumahan 300 Swiss Franch di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan kegiatan perjalanan, makan malam dan sejumlah tur wisata.

Pemerintah Swiss melalui Federal Comission for Scholarships for Foreign Students (FCS) memberi kebebasan bagi kandidat untuk memilih studi di 10 universitas Swiss, 2 institut teknologi, pusat penelitian, maupun universitas-universitas ilmu terapan yang ada di negara tersebut.

Universitas umum:
University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan Universita dellà Svizzera italiana.

Institut teknologi:
Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL)
Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ)

Research Institutes of the ETH Domain (PSI; WSL; EMPA; EAWAG)

Lembaga penelitian:
Graduate Institute of International and Development Studies (IHEID)

Universitas ilmu terapan (hanya untuk pelamar postdoktoral dan riset):
University of Applied Sciences Western Switzerland, Bern University of Applied Sciences, University of Applied Sciences Northwest Switzerland, University of applied Sciences Eastern Switzerland, University of Applied Sciences of the Grisons, Lucerne University of Applied Sciences and Arts, University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland, The Zürcher Fachhochschule. 

Kriteria dan Persyaratan (S3):
1. Bergelar master atau setara yang diperoleh sebelum 31 Juli 2022 (sertifikat gelar) yang diakui universitas Swiss. Sebagai bukti, ijazah sudah diajukan ke Federal Commission for Scholarships sebelum mulainya beasiswa.
2. Pelamar lahir setelah 31 Desember 1986.
3.Pelamar harus menyertakan surat dari profesor akademik tuan rumah (termasuk CV singkatnya) pada universitas Swiss yang dipilih yang mengkonfirmasi mengapa dia mau mensupervisi dan mendukung tesis PhD (pelamar). Tanpa dukungan tersebut, aplikasi akan ditolak.
4. Jika asisten profesor mendukung pencalonan, profesor penuh yang berhak mengawasi (kandidat) PhD selama beasiswa harus menandatangani surat dukungan.
5. Pelamar harus memiliki proposal penelitian termasuk masa waktu. Ini adalah inti dari aplikasi. Pelamar harus mencurahkan semua perhatian yang diperlukan untuk itu.
6. Pelamar harus menguasai keterampilan bahasa yang diperlukan untuk studi / penelitian PhD.
7. Pelamar yang telah berada di Swiss selama lebih dari satu tahun di awal beasiswa pada bulan September tidak memenuhi syarat. Dokumen referensi jika ada: izin tinggal untuk ditambahkan ke dokumen aplikasi.
8. Peraih beasiswa diharapkan untuk pindah ke swiss selama periode beasiswa
9. Jumlah beasiswa mencakup biaya hidup satu orang saja. Tidak ada tambahan tunjangan keluarga
10. Pelamar yang telah menerima beasiswa Pemerintah Swiss sebelumnya tidak berhak lagi mengajukan permohonan beasiswa kedua kalinya.

Ctt: Aplikasi FCS untuk beasiswa PhD dan aplikasi untuk diterima oleh Universitas Swiss untuk studi PhD merupakan dua prosedur terpisah.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi FCS 2022/2023 (diketik dan dicetak) disertai foto
2. Curriculum vitae beserta daftar publikasi akademik, penghargaan, dll
3. Motivation letter (maksimal 2 halaman)
4. Proposal penelitian lengkap (maksimal 5 halaman, ditandatangani). (Menggunakan formulir proposal riset FCS)
5. Salinan konfirmasi surat atau email dari seorang profesor dari perguruan tinggi di Swiss yang menjelaskan mengapa mereka ingin memberikan supervisi dan dukungan tesis PhD. Termasuk CV singkat dari supervisor akademik tersebut.
- Pelamar untuk sekolah doktoral (program doktor):
Selain semua dokumen aplikasi lainnya (termasuk surat dukungan dari supervisor), surat penerimaan dari sekolah doktoral juga diwajibkan bersama berkas aplikasi.
6. Dua (2) surat rekomendansi dari profesor di bidang pemohon (Menggunakan formulir referensi FCS - dokumen asli dalam amplop tertutup)
7. Copy ijazah beserta nilai (S1 dan S2) yang telah dilegalisir (Harus diterjemahkan jika aslinya tidak dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia)
8. Surat keterangan sehat (menggunakan formulir keterangan sehat FCS)
9. Dua copy paspor (halaman utama data pribadi)

*Ctt: Persyaratan dan dokumen aplikasi di atas ditujukan untuk pelamar jenjang doktor (S3). Persyaratan dan dokumen aplikasi untuk pendaftaran beasiswa postdoktoral dan riset bisa diunduh di laman Pemerintah Swiss (www.sbfi.admin.ch).

Pendaftaran:
Formulir aplikasi lengkap beasiswa Pemerintah Swiss 2022/2023 bisa diminta ke Kedubes Swiss melalui email: [email protected]

Aplikasi dibuat rangkap 2 (dua). 1 asli dan 1 fotocopy. Kemudian diajukan ke:

Embassy of Switzerland
Jl.H.R. Rasuna Said Kav X3/2-Kuningan
12950 Jakarta
Indonesia

Pendaftaran beasiswa Pemerintah Swiss dibuka mulai 1 Agustus 2021 s/d 10 Desember 2021. Kandidat akan mengikuti seleksi awal yang digelar Kedutaan Besar Swiss di Jakarta. Aplikasi terpilih selanjutnya akan dinilai oleh FCS sekaligus akan menentukan keputusan akhir pemenang beasiswa. Beasiswa akan dimulai 1 September 2022.

Ada dua cara berbeda untuk meraih gelar doktor (PhD). Cara pertama adalah menempuh studi doktoral di bawah pengawasan seorang pembimbing akademik (supervisor). Dalam hal ini, penerimaan PhD berlangsung setelah beasiswa dimulai.

Cara kedua adalah diterima di sekolah doktoral, yang memberikan kerangka kerja untuk studi doktoral. Silakan tanyakan penerimaan Anda langsung di sekolah terkait.

Kontak:

[e] [email protected]
[t] 0062 21 525 60 61
[w] https://www.eda.admin.ch/jakarta

Cari Artikel Lainnya