Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Brunei 2022 – 2023 (D3, S1, S2) Full Scholarship

Beasiswa Brunei 2022 – 2023 (D3, S1, S2) Full Scholarship

- Senin, 27 Desember 2021 | 09:00 WIB
Beasiswa Brunei 2022 – 2023 (D3, S1, S2) Full Scholarship

Pemerintah Brunei Darussalam kembali menyediakan beasiswa kuliah terbaru bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia untuk tahun akademik 2022 – 2023. Beasiswa Brunei yang sedang dibuka tersebut meliputi beasiswa D3, beasiswa S1, dan beasiswa S2. Semua beasiswa ini diberikan penuh dan dapat dipergunakan untuk studi di beberapa universitas terbaik di Brunei. 

Programnya dinamai Government of Brunei Darussalam Scholarships for Foreign Students. Beasiswa ini disediakan melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, Brunei Darussalam. Ada lima universitas terbaik di Brunei yang menjadi tujuan studi, yakni Universiti Brunei Darussalam (UBD), Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB).

Baca juga: Ingin Kuliah di Jepang, Coba Beasiswa Hokkaido University Full Program S2, S3, dan Profesional ini ya!

Beasiswa D3 disediakan di Politeknik Brunei (PB) dan KUPU SB. Sementara, beasiswa S1 dan S2 bisa diambil di UBD, KUPU SB, UNNISA, dan UTB. Beasiswa S1 dan S2 berlangsung selama dua dan empat tahun. Sementara, beasiswa S3 untuk tahun ini tidak tersedia. Meski demikian evaluasi beasiswa dilakukan setiap semesternya dan kandidat harus mencapai batas minimum kredit yang ditetapkan untuk mempertahankan beasiswa

Ada sejumlah fasilitas yang disediakan bila berhasil memperoleh beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam 2022 – 2023 ini. Kandidat terpilih akan dibebaskan dari semua biaya kuliah selama studi, tiket pesawat PP ke Brunei Darussalam, tunjangan bulanan sebesar BND$ 500, tunjangan buku per tahun sebesar BND$ 600, tunjangan makan setiap bulan BND$ 150, setelah menyelesaikan kuliah juga akan diberikan tunjangan bagasi maksimum BND$ 250 untuk negara di wilayah ASEAN dan  BND$ 500 bagi yang menetap di luar ASEAN. Kemudian diberikan juga jaminan asuransi selama durasi beasiswa. Serta akomodasi tempat tinggal di universitas atau politeknik yang dituju.

Apa saja program yang tersedia? Banyak sekali pilihan. Secara umum misalnya seni, sains, bisnis, teknik, ekonomi, bahasa Inggris, bahasa Arab, Ilmu Keislaman, sejarah, geografi, ilmu lingkungan, manajemen, sosiologi, ilmu komputer, matematika, biologi, kimia, keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, pendidikan, sosiologi, ilmu-ilmu keislaman, dan banyak lagi.

Baca juga: Update Beasiswa S2 Luar Negeri 2022 – 2023, Terbaru!

Persyaratan: 

1. Pendaftaran terbuka bagi semua warganegara, tidak terbatas hanya ASEAN, negara-negara anggota OIC maupun Commonwealth.
2. Pelamar harus berusia antara 18 - 25 tahun untuk program diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk program pascasarjana per 31 Juli 2022
3. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam 

Dokumen aplikasi: 

1. Formulir aplikasi (Unduh

2. Pasfoto terbaru ukuran paspor

3. Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir 

4. Statement of Purpose (tertera di formulir)

5. Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir

6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris

*Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus dan dicap

Pendaftaran:

Sebelum mendaftar, sebaiknya pelajari terlebih dahulu seberapa besar peluang kamu diterima beasiswa ke luar negeri dan persiapan apa yang mesti kamu lakukan untuk meraih beasiswa tersebut. Silakan simak ⏩ beasiswapascasarjana.com/2021/11/berapa-persen-peluang-kamu-diterima-beasiswa.html" target="_blank">di sini.

Berikutnya untuk mendaftar beasiswa Brunei 2022 ini, lengkapi formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi lainnya. Perlu dipahami pelamar harus dinominasikan secara resmi oleh pemerintah (Kementerian Luar Negeri) atau National Focal Point yang mengurusi beasiswa di negara pemohon. Penjelasan tertera di formulir. Dokumen yang diterima dalam format Word/PDF/Jpeg. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, seperti ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format PDF. Maksimum ukuran file 10 MB. Kemudian dokumen di-compress dalam folder (.zip)

Selanjutnya kirim semua aplikasi tersebut ke email: applybdgs2022@mfa.gov.bn

Bagi pelamar yang ingin studi di kampus UBD, selain mengirimkan aplikasi di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 15 Februari 2022. Pemberitahuan pemenang akan disampaikan melalui email kepada kandidat terpilih. Pelamar bisa saja diminta mengikuti wawancara oleh perguruan tinggi yang menawarkan program atau mengikuti ujian tertulis untuk menilai kemampuan bahasa Inggris/Melayu/Arab (jika ada).

Kontak:
Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam

[e] queriesBDGS2022@mfa.gov.bn

[w] http://www.mfa.gov.bn

Cari Artikel Lainnya