Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Apa Sih Maksud dari Lockdown, Social Distancing, dan Istilah Penanganan Virus Corona Lainnya?

Apa Sih Maksud dari Lockdown, Social Distancing, dan Istilah Penanganan Virus Corona Lainnya?

- Minggu, 22 Maret 2020 | 08:00 WIB
Apa Sih Maksud dari Lockdown, Social Distancing, dan Istilah Penanganan Virus Corona Lainnya?

Virus corona baru Covid-19 yang bersumber dari Wuhan, China telah menginfeksi hampir seluruh Negara di dunia. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri telah menetapkan virus ini sebagai pandemi atau wabah penyakit global.

Kini sejumlah negara di dunia mulai memberlakukan kebijakan social distancing hingga lockdown di negara mereka agar penyebaran virus corona dapat dicegah.

Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah kamu arti lockdown, social distancing, lockdown dan lainnya yang sering digunakan dalam penanganan virus corona?

Simak penjelasan berikut mengenai istilah-istilah yang dipakai dalam penanganan virus corona.

1. Lockdown

Ilustrasi Lockdown. (Shutterstock)

Ilustrasi Lockdown. (Shutterstock)

Lockdown seperti mengunci artinya daerah tersebut sudah menutup perbatasannya hingga batas waktu tertentu karena situasi darurat, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari daerah tersebut. 

2. Karantina
Karantina artinya hampir sama dengan isolasi, yakni membatasi seseorang agar tidak berinteraksi dengan orang lain. Bedanya, karantina digunakan untuk seseorang yang telah terpapar virus corona namun belum menunjukkan gejala sakit.

Meski belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi, orang itu harus dikarantina guna memastikan tidak terinfeksi virus corona.

3. Social Distancing

Ilustrasi Social Distance, Social Distancing. [Shutterstock]

Ilustrasi Social Distance, Social Distancing. [Shutterstock]

Social distancing adalah mengurangi aktivitas di luar rumah atau kalaupun terpaksa harus keluar rumah dengan alasan yang penting maka orang tersebut harus menjaga jarak sekitar 1,5 meter interaksi dengan orang lain. Hal ini termasuk menghindari pergi ke tempat keramaian yang memungkinkan orang untuk saling berdesak-desakkan misalnya nonton konser, naik angkutan umum dan lainnya.

Baca Juga :

5 Alasan 'Work From Home' di Kasur Nggak Baik Buat Kesehatan Kamu

Perhatikan Gejala Virus Corona Bukan Batuk Berdahak, tapi Batuk Kering

DIY Hand Sanitizer. Hanya Dua Bahan dijamin Efektif. Lengkap dengan Rumus !!

4. Isolasi
Isolasi artinya tindakan pemisahan pasien berpenyakit menular dari orang lainnya. Istilah isolasi biasanya digunakan untuk seseorang yang telah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona dan berpeluang untuk menginfeksi orang lain, sehingga perlu dipisahkan agar virus tidak menyebar.

Dalam situasi ini, pemerintah 'memaksa' menutup sejumlah tempat dan kawasan umum guna menekan penyebaran virus corona. AKtivitas warga juga akan dibatasi dan diharuskan untuk tetap berada di dalam rumah.

5. KLB
Status Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah status yang ditetapkan pada suatu daerah yang diyakini telah terpapar suatu penyakit dengan situasi mulai mengkhawatirkan. Penetapan KLB diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1501/Menkes/Per/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Dalam aturan tersebut, KLB adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah.

Nahh, jadi otakers itulah beberapa istilah penting yang perlu kalian ketahui ya

Sumber :
Cari Artikel Lainnya