Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 8 Fakta menarik tentang hujan yang perlu kamu ketahui

8 Fakta menarik tentang hujan yang perlu kamu ketahui

- Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:15 WIB
8 Fakta menarik tentang hujan yang perlu kamu ketahui

Hujan adalah sebuah proses alam untuk menjaga keseimbangan Bumi. Pada saat hujan turun, terjadi proses pengembunan uap air menjadi butir air yang kemudian jatuh menetes ke tanah. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik tentang hujan yang perlu kamu ketahui.
 

1. Kecepatan air hujan saat turun ke Bumi.

Tahukah kamu berapa kecepatan air hujan saat menetes ke Bumi? Tetesan air hujan yang jatuh ke Bumi rata-rata memiliki kecepatan sebesar 8–10 km/jam. Untuk kecepatan maksimalnya mencapai 22 mil per jam atau sekitar 35 km/jam. Wah, kebayang nggak tuh cepatnya seperti apa? Kecepatan turunnya air hujan ini dipengaruhi oleh kecepatan angin dan juga kondisi cuaca suatu daerah.

2. Perubahan kristal menjadi rintik air.

Pada saat berada di atas, komponen hujan masih dalam bentuk es atau kristal. Namun, setelah turun ke Bumi berubah bentuk menjadi titik-titik air.

Hal ini akan terjadi jika suhu udara di Bumi tinggi, maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air. Tapi jika suhu udara di Bumi sangat rendah, maka akan tetap turun dalam wujud salju yang berbentuk kristal.

3. 16 Juta ton air per detik, stok bahan hujan.

Diameter setiap tetesan air hujan memiliki variasi ukuran antara 0,02–0,031 inci. Setiap detik terdapat kurang lebih 16 juta ton air yang menguap dari permukaan Bumi untuk bahan hujan. Jumlah tersebut akan turun lagi ke Bumi dalam bentuk air hujan setiap detiknya dengan volume yang sama. 

Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang. Proses ini menujukan bagaimana alam melakukan keseimbangan.

4. Perubahan air hujan tiap detik.

Bentuk air hujan akan berubah hingga ratusan kali per detik, biasanya terlihat hampir bulat. Jika semakin besar, maka bentuk air hujan akan menjadi semakin ceper.

Bentuk khusus ini juga akan meningkatkan efek gesekan dengan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. Nah loh, bayangkan kalau air hujan tidak berbenturan dengan atmosfer, mungkin yang turun bukan tetesan air, tapi bongkahan air dalam bentuk besar.

5. Aroma khas tiap kali turun hujan.

Biasanya setiap kali habis turun hujan ada aroma khas alami yang kita hirup. Tapi tahukah kamu dari mana aroma itu muncul? Aroma itu sebenarnya merupakan aroma senyawa yang disebut petrichor yang dikeluarkan oleh tanah dan rerumputan.

6. Ketinggian minimum awan hujan.

Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter. Awan hujan juga dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

7. Air hujan dapat menghipnotis.

Ternyata hujan juga memiliki kemampuan menghipnotis juga lho. Fakta yang paling misterius dan mengejutkan para ilmuwan adalah bahwa hujan memiliki kemampuan menghipnotis manusia untuk meresonansikan ingatan masa lalu. 

Nah, inilah yang mungkin banyak orang katakan "hujan tak hanya membawa genangan, tapi juga kenangan". Itulah mengapa biasanya pada saat hujan, kita sering mendapatkan inspirasi.

8. Nada indah air hujan.
Rintik air hujan dapat membentuk nada-nada indah yang dinamakan pitter. Pitter merupakan suara derai air hujan di permukaan Bumi yang dapat digunakan sebagai terapi dan relaksasi. Itulah sebabnya setiap kita mendengarkan bunyi tetesan air hujan, hati kita terasa tenang dan terasa menyatu dengan alam.

Nah, itulah fakta-fakta menarik tentang hujan. Share artikel ini bila bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya