Home » Kongkow » Materi » 6 Engineer yang Merevolusi Sistem Kelistrikan Dunia

6 Engineer yang Merevolusi Sistem Kelistrikan Dunia

- Kamis, 26 November 2020 | 16:00 WIB
6 Engineer yang Merevolusi Sistem Kelistrikan Dunia

Semua teknologi yang kamu gunakan saat ini, tidak akan berfungsi tanpa adanya listrik. Studi dan pengembangan tentang kelistrikan sudah jauh sebelum revolusi industri pertama dimulai. Berikut ini 6 engineer yang menjadi pelopor dalam revolusi system kelistrikan dunia.

1. Michael Faraday

michael faraday

Pada tahun 1831, Faraday menemukan fenomena induksi elektromagnetik. Hasil percobaannya sekarang menjadi dasar teknologi elektronik modern.

2. Alessandro Volta

alessandro volta

Di tahun 1800, Volta mempublikasikan perangkat elektronik “voltaic pile” yang menjadi cikal bakal teknologi baterai

3. George Ohm

george ohm

Ohm menunjukkan bahwa arus listrik yang mengalir pada sebuah konduktor sebanding dengan voltase dan berbanding terbalik dengan hambatan. Namanya diabadikan sebagai satuan untuk hambatan listrik.

4. Andre-Marie Ampere

andre marie ampere kelistrikan

Ampere melakukan suatu kajian teoritis dan praktis tentang arus listrik. Karena jasanya, Namanya diabadikan sebagai satuan arus listrik.

5. Gustav Kirchoff

gustav kirchhoff kelistrikan

Fisikawan Jerman yang mempelajari karakteristik arus listrik pada konduktor. Kontribusinya yang terkenal adalah Hukum Kirchoff, di mana jumlah arus yang masuk pada percabangan sama dengan jumlah arus yang keluar.

6. Nikola Tesla 

nicola tesla kelistrikan

Tesla adalah insinyur yang membuat system listrik AC bisa digunakan secara luas hingga saat ini. Kontribusinya meliputi motor listrik AC, distribusi listrik, dan banyak lagi lainnya.

Demikian pembahasan mengenai enam engineer yang merevolusi sistem kelistrikan dunia. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua.

Cari Artikel Lainnya