Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Untuk mengenang peristiwa rengasdengklok tepatnya di markas bekas kompi peta, dibangun

Untuk mengenang peristiwa rengasdengklok tepatnya di markas bekas kompi peta, dibangun

- Senin, 08 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Untuk mengenang peristiwa rengasdengklok tepatnya di markas bekas kompi peta, dibangun

Untuk mengenang peristiwa rengasdengklok tepatnya di markas bekas kompi peta, dibangun Monumen Rengasdenglok.

Pembahasan

Monumen Rengasdenglok atau lengkapnya Monumen Kebulatan Tekad Rengasdenglok berada di daerah Rengasdengklok Selatan, Karawang, Jawa Barat. Lokasi Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok sebelumnya merupakan markas PETA (Pembela Tanah Air).

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok dibangun di tempat Soekarno - Hatta 'dibawa' pada 16 Agustus 1945 oleh sejumlah pemuda untuk mempercepat proklamasi. Monumen ini dibangun pada tahun 1950 yang dimaksudkan untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok.

Peristiwa Rengasdengklok adalah insiden penculikan Soekarno dan Hatta yang dilakukan pemuda kelompok Menteng 31 pada 16 Agustus 1945. Untuk alasan keamanan, Soekarno - Hatta kemudian dikawal menuju ke rumah yang terpisah dari rumah-rumah lain.

Monumen rengasdenglok berupa tugu dengan Teks Proklamasi pada dinding depannya, menyangga bola bertulis 17 Aug 1945 yang menjadi landasan kepal tangan, lambang bulatnya tekad. Di sekeliling tugu ada tugu bintang dan tugu bendera Merah Putih.

Di belakang tugu ada dinding beton melengkung dengan relief yang menggambarkan peristiwa di sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya