Home » Kongkow » Kesehatan » 4 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Puasa Lancar & Terhindar Corona

4 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Puasa Lancar & Terhindar Corona

- Kamis, 15 April 2021 | 15:00 WIB
4 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Puasa Lancar & Terhindar Corona

Puasa Ramadan di tengah pandemi corona membuat aspek kesehatan makin vital untuk diperhatikan. Setiap orang perlu tahu cara meningkatkan imun tubuh yang tepat agar tetap fit dan sehat.

Menjaga imunitas tubuh ketika berpuasa, semua orang mungkin sudah terbiasa. Namun, menjaga imunitas tubuh ketika berpuasa dan berada di tengah pandemi corona? Pasti, Anda dan siapapun orang di dunia ini belum pernah mengalaminya. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Yuk, simak empat cara meningkatkan imun tubuh menurut ahli gizi Prof dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD Sp Gk di bawah ini.

4 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari Virus Corona Saat Berpuasa

1. Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Perbanyak Protein

Langkah pertama yang disarankan dr. Bambang adalah dengan meningkatkan asupan protein. Pasalnya, imunitas tubuh harus terus terjaga karena bekerja ekstra mencegah corona sambil berpuasa.

Jenis makanan kaya protein yang bisa dinikmati misalnya ikan laut serta daging. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak asupan protein dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buaham.

“Jika tadinya protein ada 25 persen dan lemaknya 10 persen, sebaiknya lemak dikurangi jadi 5 persen proteinnya 30 persen,” ujar dr Bambang. Ia pun menyebut, hewan laut seperti cumi, kerang, kepiting, rajungan, udang laut, dan lobster sebaiknya dihindari karena tinggi akan lemak.

2. Istirahat yang Cukup

Selain faktor makanan, faktor istirahat juga berperan sangat penting. “Kalau dulu sekitar 8 jam cukup, tapi sekarang terutama yang sepuh (lansia) 10 jam istirahatnya.

Karena tadi sudah makan protein tinggi sayuran buah sudah, kalau orang tidak istirahat imunitasnya tidak terbentuk dengan baik. Kalau orang istirahat bisa memperbaiki semua siistem yang ada di dalam tubuh termasuk imunitas,” papar dr Bambang.

3. Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Berjemur

Akibat mewabahnya virus corona, sebagian besar masyarakat diharuskan beraktivitas di rumah. Ini adalah kesempatan yang bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk berjemur sesuai saran dr Bambang.

“Saya menganjurkan antara jam 08.00 sampai jam 10.00 WIB. Kalau lebih dari jam 10.00 efek terhadap kulit tidak baik karena sinar ultraviolet itu termasuk membantu imun supaya virus-virus itu nggak tahan panas,” tambahnya.

4. Sering Mencuci Tangan

Seperti saran para ahli lainnya, dr Bambang pun menekankan pentingnya cuci tangan sebagai cara meningkatkan imun tubuh. Usahakan selalu cuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan.

Pasalnya, virus dan bakteri sangat mudah menempel ke makanan dari tangan yang tak higienis. Alhasil, virus bisa masuk ke dalam tubuh dengan sangat mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Daripada disimpan dan dibaca sendiri, mending share artikel ini ke media sosial yuk.

Cari Artikel Lainnya