Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Makna Hari Guru Sedunia di Masa Pandemi

Makna Hari Guru Sedunia di Masa Pandemi

- Senin, 05 Oktober 2020 | 17:17 WIB
Makna Hari Guru Sedunia di Masa Pandemi

Tahukah Otkers, setiap tanggal 5 Oktober kita juga memperingati Hari Guru Sedunia lho. Peringatan Hari Guru Sedunia ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1994 atau bisa dikatakan 26 tahun sudah kita memperingatinya.

Menurut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Hari Guru Sedunia merepresentasikan bentuk kepedulian, pemahaman, dan apresiasi atas peran vital para guru dalam mentransferkan ilmu pengetahuannya kepada anak didiknya.

Hari Guru Sedunia bertujuan memberikan dukungan dan meyakinkan keberlangsungan generasi di masa depan ada di tangan para guru. Mengutip instagram @kemdikbud.ri, peringatan hari guru sedunia juga memperingati diadopsinya rekomendasi ILO/UNESCO pada 1966 mengenai status guru. Rekomendasi ini menetapkan hak dan tanggung jawab guru serta standar internasional untuk persiapan awal,dan pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan dan kondisi belajar mengajar.

Pada 2020, Hari Guru Dunia memiliki tema Guru: Memimpin dalam krisis, meta kembali masa depan. Tema tersebut dipilih demi menyoroti dan mengapresiasi peran guru yang begitu krusial di dalam menjaga berlangsungnya kegiatan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November yang bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia.

Pekerjaan guru untuk selalu menjadi teladan dan mendidik para muridnya tidaklah mudah. Bukan hanya menyalurkan ilmunya saja, tugas dari guru termasuk juga membagikan berbagai pengalamannya yang berharga, menanamkan nilai-nilai budaya, moral, dan agama serta berperan sebagai motivator bagi para muridnya.

Peran seorang guru tidaklah mudah, apalagi di era pandemi yang sedang melanda seperti saat ini. Tidak hanya siswa, seorang guru juga dituntut untuk melangsungkan kegiatan mengajar melalui media dalam jaringan (daring). Bukan masalah yang gampang untuk mengenal IT dalam kurun waktu yang mendadak. Tantangan dalam sistem sekolah daring bagi guru salah satunya adalah tentang pemberian materi pembelajaran yang efektif. Guru dituntut untuk menyiapkan dan menyajikan materi yang baik, tepat dan tidak membosankan, sehingga perlu Inovasi serta kreativitas guru dalam merencanakan dan melaksanakan sistem tersebut. 

Dengan memperingati Hari Guru Sedunia ini, tidak bosan-bosannya kami untuk selalu memberikan dukungan dan semangat kepada semua guru yang saat ini sedang berjuang untuk beradaptasi dengan pandemi. Semoga ilmu yang diajarkan dapat tersampaikan dan bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya