Berita
List
Daftar
0



11 months 'ago'
Monitoring Gerakan Literasi Sekolah oleh LPMP Jawa Timur

Salam sehat, tetap semangat dan jangan lupa bersyukur. Selasa, 21/9/21. Tim dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendididikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo berkunjung ke SD Negeri Sukabumi 2. Kunjungan ini dalam rangka monitoring sekaligus pendampingan implementasi peningkatan kompetensi literasi dan numerasi ke Sekolah-sekolah di seluruh Jawa Timur.

Tim diterima langsung oleh Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Ibu Riana, S. Pd., M.Pd. Karena masa pandemi aktifitas belajar dilakukan secara online, tim terpaksa tidak bisa melihat implementasi literasi dan numerasi di sekolah ini.

Dalam kunjungan ini LPMP ingin memastikan bahwa sekolah memiliki tim pengembang literasi dan numerasi, tim pengembang literasi memiliki program/kegiatan dan kebijakan-kebijakan sekolah terkait pengembangan literasi dan numerasi. Termasuk sarana prasarana yang mendukung kegiatan literasi dan numerasi.

Konsep monitoring melalui pendampingan, dengan harapan guru dalam proses pembelajaran harus memahami muatan kurikulum sehingga dapat merancang pembelajaran dengan strategi literasi. Keterlibatan siswa baik individu maupun kelompok mencipta karya untuk dipublikasikan di mading, majalah sekolah atau media lain dalam bentuk teks (literasi) maupun grafik dan bagan (numerasi).

Partisipasi sebagai umpan balik prestasi siswa pendukung implementasi. Siswa lebih aktif dan terlibat dalam arena kompetisi numerasi, terdapat siswa yang menggemari numerasi semisal klub matematika dan sains. Serta penerapan literasi dan numerasi dalam kegiatan kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak