Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepala?

Mengapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepala?

- Rabu, 12 Juli 2017 | 13:00 WIB
Mengapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepala?

Pernahkah kalian bertanya-tanya, mengapa kucing paling senang dielus pada bagian kepalanya? Ternyata, ada alasan tersendiri di balik perilaku ini. Menurut Dr Nicholas Dodman, profesor emeritus di Cummings School of Veterinary Medicine, Universitas Tufts, seekor kucing mengartikan belaian di kepala sebagai bentuk perhatian. Elusan di kepala mengingatkan kucing akan induk mereka yang menjilati bagian kepala saat masih anak-anak.

Kucing menganggap sang pemilik adalah ibu mereka, karena mengelus kepala adalah perilaku yang biasa dilakukan oleh induk mereka.Selain itu, alasan lainnya adalah kucing menganggap belaian di kepala, pipi, atau dagu mereka sebagai rutinitas perawatan. Karena kepala merupakan area yang sulit disentuh oleh cakar atau lidah.

Tahukah Kamu?Ternyata Kucing juga memiliki kelenjar bau di sekujur tubuh mereka dan kelenjar ini terkonsentrasi di area dahi, pipi, dan dagu. Saat kucing menggosokkan kepala mereka ke barang-barang, termasuk tangan saat kalian mengelus kepalanya, disaat itu mereka juga sedang menyebarkan aroma mereka,

Menebarkan aroma adalah cara kucing menandai wilayah mereka dan  hal ini memiliki beberapa efek menenangkan bagi mereka, Sementara itu , tidak semua kucing mau untuk di elus atau di pegang . Karena kucing memiliki sifat berbeda-beda , hanya beberapa kucing yang mau untuk di pegang.. Biasanya kucing itu adalah kucing peliharaan rumah.

Ketika selanjutnya kucing kita menunjukkan mood bahwa ia ingin dielus oleh kita dengan datang pada kita dan mengusapkan badannya ke kita, kita harus memiliki beberapa treats/snack favoritnya. Jangan mengangkat atau memeluk si kucing, cukup mengelusnya saja.
1. Ingat berapa kali kita dapat mengelus si kucing sebelum ia menjadi gelisah, dan hanya berikan elusan sebanyak itu saja.
2. Lalu berikan si kucing treats/snack kucing sedikit saja.
3 Abaikan kucing setelah itu, setidaknya 10 menit. (Kita mungkin perlu untuk menjauh jika ia menginginkan snack/treats lebih)

Sumber :
Cari Artikel Lainnya