Home » Kongkow » Kesehatan » Cara Pemakaian dan Manfaat Retinol untuk Wajah

Cara Pemakaian dan Manfaat Retinol untuk Wajah

- Selasa, 05 Juli 2022 | 10:00 WIB
Cara Pemakaian dan Manfaat Retinol untuk Wajah

Retinol adalah bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare. Kandungan tersebut diyakini memiliki banyak fungsi, mulai dari memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan flek hitam, meredakan jerawat, meratakan warna kulit, hingga mencegah tanda penuaan.

Retinol dapat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kekuatannya. Adapun jenis retinol yang dapat diperoleh secara bebas di apotek adalah retinyl palmitate, retinaldehyde, dan adapalene.

Sementara itu, jenis retinol yang memerlukan resep dokter adalah tretinoin, isotretinoin, dan tazarotene. Ini karena ketiganya memiliki efek samping yang sangat kuat pada kulit, bahkan secara sistemik.

Baca juga:

Kelainan dan Gangguan Pada Kulit

Ketahui Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Masker Alami Buah Pisang untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Beberapa manfaat dari Retinol antara lain:

  • Retinol dapat mengobati jerawat
  • Retinol dapat melawan tanda-tanda penuaan
  • Retinol dapat meratakan warna kulit

Cara pemakaian Retinol

- Penggunaan retinol seharusnya dimulai dari kadar yang rendah.
- Gunakan Retinol dalam kondisi kulit yang masih kering.
- Produk retinol lebih dianjurkan untuk digunakan di malam hari, karena memiliki zat photolabile yang mudah rusak bila terkena cahaya terang atau sinar matahari langsung.
- Produk yang mengandung retinol sebaiknya tidak digunakan berbarengan dengan produk eksfoliasi maupun produk yang mengandung benzoil peroksida. Contoh kandungan di dalam produk eksfoliasi yaitu alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).
- Retinol dan berbagai zat turunan vitamin A berisiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan serta menimbulkan kelainan pada tulang belakang

Sumber :
Cari Artikel Lainnya