Home » Kongkow » Kimia » Pengertian Retinol, Manfaat dan Dampak yang Ditimbulkan Bagi Tubuh

Pengertian Retinol, Manfaat dan Dampak yang Ditimbulkan Bagi Tubuh

- Jumat, 18 Maret 2022 | 07:45 WIB
Pengertian Retinol, Manfaat dan Dampak yang Ditimbulkan Bagi Tubuh

Retinol adalah senyawa dasar atau nama lain dari vitamin A yang larut dalam lemak dan berperan aktif dalam menjaga kesehatan penglihatan serta pertumbuhan tulang. Retinol juga mampu diserap oleh kulit bagian luar melalui pori-pori dan menjaga kesehatan kulit, komponen dari senyawa retinol ini dapat dipecah dan diubah menjadi asa retinoat yang dapat mengontrol sel kulit secara langsung.

Vitamin A atau nama lain dari retinol ini sangat baik untuk tubuh manusia, ada beberapa golongan senyawa lain yang digolongkan kedalam vitamin A, yakni retinol, retinil asetat, dan retinil palmitat. Retinol memiliki rumus kimia C20H30O.

Dalam senyawa pembentuk dari vitamin A seperti 3 senyawa diatas yang paling berfungsi bagi tubuh hanyalah retinol sehingga banyak orang yang menyamakan retinol itu adalah vitamin A, karena memang pada dasarnya sama.

Manfaat Retinol Untuk Tubuh Manusia

Retinol yang merupakan senyawa pembentuk vitamin A adalah sumber  dari nutrisi yang diperlukan tubuh. Sehingga dalam tubuh manfaat retinol sangat signifikan dan bisa dikatakan sebagai sumber energi serta sumber gizi utama yang harus dikonsumsi melalui makanan yang mangandung vitamin A.

Manfaat retinol sama dengan manfaat vitamin A sebab pada dasarnya retinol adalah vitamin A itu sendiri. Manfaat-manfaat retinol dapat dikategorikan sama dengan manfaat vitamin A, oleh karena itu manfaat retinol sebagai berikut.

Menjaga penglihatan atau kesehatan mata

Manfaat retinol sebagai pembentukan sistem indra penglihatan, dengan rodosin retinol akan membentuk pigmen yang sensitive terhadap retina mata. Dengan mengkonsumsi retinol kornea mata akan lebih terlindungi dari sinar UV dan mencegah kerusakan pada penglihatan. Oleh karena itu kekurangan retinol atau vitamin A dapat menyebabkan kekaburan pada penglihatan mata manusia.

Meremajakan sel kulit

Manfaat retinol dapat mencegah penuaan kulit, retinol dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di bagian kulit. Retinol dapat diserap dari luar lapisan kulit karena itu retinol digunakan sebagai bahan kosmetik atau kecantikan guna mencerahkan kulit.

Retinol memiliki bentuk yang sangat kecil sehingga bila dalam bentuk kosmetik dapat diserap melalui pori-pori kulit. Manfaat retinol meningkatnya kolagen kerutan pada kulit dapat dicegah, dan elastisitas kulit juga mengalami peningkatan secara permanen bila penggunaan retinol ini secara rutin.

Mengatasi kulit kering

Selain meremajakan kulit, manfaat retinol juga menjaga kelembaban kulit dengan bentuk molekul dari retinol yang padat dapat meningkatkan elastisitas kulit serta kelembabab kulit bisa dijaga dan penggunaan secara teratur dapat mengatasi kulit kering.

Sebagai antioksidan

Selain berguna untuk kecantikan retinol juga berperan aktif sebagai antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan pada materi genetic seperti DNA maupun RNA yang menjadi penyebab utama munculnya peretumbuhan sel kanker dalam tubuh. Namun dengan manfaat retinol yang mampu mencegah radikal bebas tersebut pertumbuhan kanker dapat dicegah.

Mengoptimalkan pertumbuhan Janin

Manfaat retinol sangat penting dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sifat retinol yang mudah larut dalam air dan lemak, membuat retinol mudah diserap oleh janin di dalam kandungan. Manfaat retinol memiliki peranan penting dalam perkembangan sel mata, organ mata, kesehatan kulit, pembentukan kulit dan pembentukan organ lain dalam janin di kandungan.

Efek Kekurangan Retinol

Kebutuhan retinol dalam tubuh manusia hampir sama dengan kebutuhan vitamin A. oleh karena itu kekurangan retinol hampir sama halnya dengan kekurangan vitamin A, kekuragan vitamin A dapat menyebabkan beberapa hal sebagai berikut.

  •     Rabun mata, seperti rabun senja yang terjadi akibat peranan retinol dalam menjaga dan melindungi kornea mengalami penurunan.

  •     Terbentuk bintik pada area sklerea mata

  •     Terjadi xeroftalmia yang disebabkan oleh akibat pengerasan kornea

  •     Kulit mengering atau akibat kelembaban kulit mengalami penurunan

  •     Daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh mengalami penurunan dan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

  • Efek Kelebihan Retinol

Tidak hanya kekurangan retinol yang berakibat buruk bagi kesehatan namun dengan konsumsi  secara berlebihan juga berdampak buruk bagi tubuh. Dan kelebihan retinol ditunjukkan dengan beberapa gejala yang bisa diidetifikasikan sebagai akibat kelebihan vitamin A atau retinol. Kelebihan retinol dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti berikut.

Kerusakan fungsi hati

Kelebihan retinol yang dikonsumsi akan disimpan di dalam hati. Jika asupan retinol terlalu banyak maka hati akan kesulitan dalam menyimpan retinol tersebut dan akan mengalami gangguan beban kerja yang lebih berat dalam fungsinya. Bila lambat laun dibiarkan maka kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi kerja hati.

Kanker prostat

Asupan retinol yang cukup dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker, namun bila kelebihan asupan maka akan menyebabkan kanker prostat.

Osteoporosis

Terlalu banyak mengkonsumsi retinol dapat memicu aktivitas osteoclast, yaitu sel yang dapat menguraikan tulang. Kasus osteoporosis jarang terjadi di Indonesia, namun ha ini banyak dijumpai di luar negeri dengan tingkat resiko yang masih tinggi.
Makanan Yang Menjadi Sumber Retinol

Manfaat retinol didapat dari berbagai makanan, termasuk tanaman dan hewani. Dalam hal ini berikut makanan yang kaya akan sumber retinol.

  •     Minyak hati ikan cod

  •     Hati sapi

  •     Hati ayam

  •     Mentega

  •     Keju

  •     Susu

  •     Sarden

  •     Daging sapi

  •     Daging ayam

  •     Ikan

  •     Wortel

  •     Sayur hijau

Berbagai makanan yang kaya akan suber retinol, sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Akan lebih baik secukupnya karena kelebihan retinol menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Itulah manfaat retinol serta pengertian dan dampak yang ditimbulkan, semoga info ini bermanfaat bagi Anda.

Cari Artikel Lainnya