Home » Kongkow » Sejarah » Asal-usul Ras Melanosoid

Asal-usul Ras Melanosoid

- Selasa, 05 Juli 2022 | 09:00 WIB
Asal-usul Ras Melanosoid

Ras Melanesoid merupakan satu dari bentuk keberagaman budaya asli Indonesia. Ras Melanesoid berasal dari dua suku kata bahasa Yunani yaitu “melano” yang berarti hitam atau gelap dan “soid” berarti penampilan. 

Ras Melanesoid tersebar di pulau-pulau yang letaknya sebelah timur dari lautan Pasifik yaitu Irian dan benua Australia. Di kepulauan Indonesia mereka tinggal di Papua, bersama dengan Papua Nugini, Bismarck, Solomon, New Caledonia dan Fiji, dalam rumpun Melanesoid. 

Awalnya, Melanesoid datang di Papua pada tahun 70.000 SM atau ketika zaman es terakhir dimana pada saat itu kepulauan Indonesia belum berpenghuni. 

Baca juga:

Corak Hidup Manusia Zaman Praaksara

Ciri-ciri Ras Melanesoid

Ketika suhu turun hingga kedinginan maksimal dan air laut menjadi beku, permukaan laut menjadi lebih rendah 100 m dibandingkan permukaan saat ini. Kemudian muncullah pulau-pulau baru yang dapat memudahkan makhluk hidup berpindah dari Asia menuju kawasan Oseania.

Suku Melanesoid melakukan perpindahan ke timur hingga ke Papua kemudian ke Benua Australia yang sebelumnya merupakan satu kepulauan yang berhubungan dengan Papua. Pada saat itu Suku Melanesoid mencapai 100.000 jiwa yang mendiami wilayah Papua dan Australia. Selanjutnya, peradaban bangsa Melanesoid ini dikenal dengan paleotikum.

Pada masa es berakhir dan air laut mulai naik lagi pada tahun 5000 SM, kepulauan Papua dan Benua Australia kemudian terpisah seperti saat ini. Pada saat itu jumlah penduduk mencapai 0,25 juta dan pada tahun 500 SM mencapai 0,5 jiwa.

Ras Melanesoid adalah salah satu sub ras yang berasal dari Ras Negroid. Negroid sendiri adalah jenis ras dengan ciri fisik berkulit hitam. 

Golongan bangsa yang masuk dalam golongan Ras Negroid antara lain:

1. African Negroid, meliputi wilayah di Benua Afrika.

2. Melanisia, meliputi wilayah Papua dan Melanisia.

3. Negrito, meliputi wilayah Afrika Tengah, Semenanjung Melayu, serta Filipina.

Secara umum selain Negroid ada Ras Mayor yang memengaruhi keberadaan Ras Melanosoid, yakni Ras Kaukasoid dan Ras Mongoloid.

Ras Kaukasoid merupakan ras dengan ciri khas berkulit putih. Golongan bangsa yang termasuk dalam klasifikasi Ras Kaukasoid antara lain:

1. Nordic, meliputi wilayah Eropa Utara, tepatnya pada sekitaran Laut Baltik.

2. Mediterania, meliputi wilayah di sekitar laut tengah, Amerika Utara, Amerika, Arabia, Armenia, serta Iran.

3. Alpine, meliputi wilayah di Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Ras Mongoloid merupakan jenis ras dengan ciri yang melekat berkulit kuning. Golongan bangsa yang termasuk dalam ras mongoloid antara lain:

1. American Mongoloid, meliputi Bangsa Eskimo di Amerika Utara, hingga penduduk Terra del Frugo di penjuru Amerika bagian Selatan.

2. Malayan Mongoloid, meliputi lingkup kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina, serta Kepulauan Indonesia.

3. Asiatic Mongoloid, meliputi wilayah Asia Utara, Asia Tengah, dan juga Asia Timur.

Sumber :

Artikel Terkait

Cari Artikel Lainnya