Home » Kongkow » Biologi » Jenis-jenis Hutan di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Jenis-jenis Hutan di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:00 WIB
Jenis-jenis Hutan di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Indonesia merupakan negara yang benar-benar kaya akan unsur alamnya. Salah satunya terdapat banyak sekali hutan-hutan yang masih dapat kita temui di hampir setiap daerah-daerah di indonesia.

Hutan adalah hamparan lahan yang ditumbuhi pepohanan termasuk didalamnya satwa, dan sumber daya hayati lainnya yang membentuk ekosistem khas.

Lalu apa saja jenis jenis hutan indonesia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai beberapa contoh jenis jenis hutan di Indonesia.

Berikut Ini Jenis-jenis Hutan di Indonesia

1. Hutan Bakau

Hutan bakau biasanya tumbuh di pantai-pantai landai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau ini sangatlah penting, karena menjadi tempat untuk berbagai jenis ikan dan udang.

Manfaat hutan bakau bagi kehidupan diantaranya sebagai berikut:

  • Hutan bakau sebagai pemecah dan penahan ombak.
  • Hutan bakau sebagai pencegah abrasi terhadap air laut.
  • Hutan bakau merupakan cara untuk melestarikan lingkungan.
  • Hutan bakau sebagai tempat tinggal alami ikan-ikan kecil.
  • Hutan bakau sebagai tempat tinggal beberapa spesies burung laut.

2. Hutan Rawa

Hutan rawa melingkupi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan seperti beluntas, pandan, dan ketapang. Jenis hutan ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Ciri-ciri dari hutan gambut Indonesia adalah:

  • Tanahnya selalu digenangi oleh air. Air yang banyak ini bahkan bisa membentuk kolam maupun rawa.
  • Hutan rawa gambut juga memiliki lapisan tanah berupa tanah gambut.
  • Tanaman yang dapat hidup di hutan rawa gambut rata-rata berukuran kecil dan akarnya tidak sekuat tanaman yang berada di tanah yang padat.
  • Sedangkan untuk tanaman yang tumbuh di tanah padat disekitarnya. Contoh saja kayu ranim, tanaman ini bisa tumbuh dengan subur sampai tingginya mencapai 40 meter.

3. Hutan Sabana

Sabana merupakan padang rumput yang diselingi pepohonan dan banyak terdapat semak belukar. Sabana umumnya dijumpai di Nusa Tenggara.

Ciri-ciri hutan sabana antara lain sebagai berikut:

  • Hutan ini terdiri dari tumbuhan ilalang dan juga semak-semak yang banyak, sedangkan untuk pohon besar hanya ditemui di beberapa tempat saja.
  • Curah hujan pada daerah hutan sabana ini tidak sebanyak curah hujan di hutan hujan tropis. Bahkan bisa dibilang sangat jarang.
  • Suhu daratan di hutan sabana ini juga cukup tinggi dan menyebabkan kelembaban hutan ini menjadi sangat rendah.
  • Cadangan air bisa dibilang sangat rendah. Ini dikarenakan sedikitnya jumlah tanaman besar berdaun lebat yang bertugas menampung air. Hal ini juga membuat sulitnya sumber air bagi penduduk setempat yang tinggal di area hutan sabana ini.

4. Hutan Musim

Hutan ini dinamai hutan musim karena mempunyai perbedaan kondisi pada musim hujan dan kemarau yang cukup mencolok. Tumbuhan yang ada di hutan musim pada musim kemarau biasanya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh lebat kembali.

Ciri-ciri hutan musim yang ada di Indonesia antara lain:

  • Jarak antara tanaman satu dengan yang lain di hutan musim cenderung tidak rapat bahkan bisa dikatakan tersusun rapi dengan jarak tertentu.
  • Tinggi tanaman yang mengisi hutan musim ini tidak terlalu tinggi. Berbeda jauh dengan hutan hujan tropis. Ini dikarenakan hutan musim selalu ditebang dalam skala waktu tertentu menjadikan tanaman di hutan musim tidak ada yang benar-benar tua.
  • Jenis binatang yang tinggal di hutan musim tidak sebanyak dan sebuas hewan yang tinggal di hutan hujan tropis. Rata-rata yang hewan yang dapat ditemui adalah jenis serangga, ular, burung, dan beberapa mamalia jenis pengerat.
  • Letaknya yang fleksibel tergantung pemilik lahan hutan. Kamu bisa menemukan hutan musim ini baik didataran tinggi dan juga dataran rendah.

5. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah jenis hutan yang paling terkenal di Indonesia. Kepulauan Indonesia yang beriklim tropis lebih banyak mendapatkan sinar matahari, memiliki curah hujan yang tinggi, serta temperatur rata-rata tinggi.

Ciri-ciri hutan hujan tropis secara umum adalah sebagai berikut:

  • Tanaman yang hidup pada hutan hujan tropis tergolong jenis tanaman dengan batang yang besar, tinggi, daunnya lebat, dan tumbuhnya rapat satu sama lain.
  • Untuk hewan yang hidup di hujan tropis ini sangat bervariasi karena terbagi menjadi tiga wilayah dimana setiap hutan dihuni dengan binatang yang berbeda. Misalkan di hutan tropis wilayah barat. Hewan yang tumbuh kebanyakan binatang dengan tubuh beaar seperti Harimau, Gajah, Jerapah, dan lain-lain. Untuk hutan hujan tropis wilayah timur didominasi oleh hewan-hewan kecil dan macam-macam burung khas Papua. Sedangkan untuk hutan hujan tropis wilayah peralihan banyak binatang yang unik dan juga langkah seperti anoa, babi hutan, dan banyak yang lainnya. Rata-rata adalah mamalia dengan tubuh kecil.
  • Curah hujannya yang cukup tinggi, ini disebabkan wilayahnya yang berada di 10 LU-10 LS sehingga dengan perpaduan tanah Indonesia yang sangat subur ini, tanan akan lebih mudah tumbuh.

Demikian penjelasan diatas tentang jenis jenis hutan di indonesia dan pengertiannya. Semoga bermanfaat!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya