Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa S2 di Swedia 2022 - 2023 dari Chalmers

Beasiswa S2 di Swedia 2022 - 2023 dari Chalmers

- Kamis, 06 Januari 2022 | 10:11 WIB
Beasiswa S2 di Swedia 2022 - 2023 dari Chalmers

Banyak pilihan beasiswa S2 yang tersedia di Swedia untuk tahun akademik 2022 – 2023, salah satunya dari Chalmers University of Technology. Melalui IPOET Scholarships (International Programme Office for Education and Training), pelamar diberi kesempatan untuk memperoleh pengurangan biaya kuliah secara signifikan. 

Beasiswa IPOET merupakan beasiswa master yang didanai Pemerintah Swedia melalui Swedish Council for Higher Education bagi mahasiswa internasional yang melanjutkan studinya di Chalmers. Beasiswa berupa pengurangan biaya kuliah sebesar 75 persen selama durasi program master (2 tahun).

Bahkan, jika mahasiswa bersangkutan berprestasi pada tahun pertama studi, pengurangan biaya kuliah dapat meningkat jadi 85 persen dari biaya kuliah pada tahun kedua studi. 

Baca juga: Pengen Belajar ke Jepang, Coba Beasiswa S1 ini yuk!

Ada sekitar 45 kursi beasiswa disediakan Chalmers. Yang menarik lagi, Beasiswa IPOET dibuka untuk semua jurusan atau program master yang ada di Chalmers. Pelamar hanya perlu melihat apakah jurusan yang diminati tersedia di Chalmers, kemudian selanjutnya mendaftar beasiswa.

Beberapa jurusan yang ditawarkan untuk program S2 seperti
- Architecture and Urban Design
- Design and Construction Project Management
- Infrastructure and Environmental Engineering
- Biotechnology, Materials Chemistry
- Biomedical Engineering
- Communication Engineering
- Computer Systems and Networks
- Data Science and AI
- Electric Power Engineering
- Interaction Design and Technologies
- Software Engineering and Technology
- Nanotechnology
- Physics
- Entrepreneurship and Business Design
- Management and Economics of Innovation
- Automotive Engineering
- Industrial Design Engineering
- Materials Engineering
- Maritime Management, dan banyak lagi.

Persyaratan:

1. Pelamar merupakan warganegara non Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa, yang wajib membayar biaya kuliah untuk pendidikan di universitas Swedia
2. Merupakan pelamar program master tahun pertama 

Baca juga: Beasiswa di KAIST Korea untuk S1 Full 2022 - 2023

Pendaftaran: 

Sebelum dapat mengajukan beasiswa, pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke program master Chalmers melalui University Admissions. Pelamar bisa memilih hingga 4 program studi dan menetapkan satu prioritas jurusan yang dilamar.

Biaya pendaftaran kuliah ini sebesar 900 SEK. Setelah terdaftar dan memperoleh nomor aplikasi, pelamar kemudian dapat mengajukan beasiswa dengan mengisi formulir aplikasi beasiswa secara online melalui link University of Admissions.

Masukkan delapan angka nomor aplikasi yang diperoleh saat mendaftar ke universitas di kolom formulir tersebut. Setelah mengisi formulir aplikasi nantinya peserta akan menerima kiriman link personal yang mengarah ke formulir beasiswa. Link personal tersebut dikirim secara manual.

Mungkin butuh beberapa hari, sehingga pelamar perlu memeriksanya secara rutin di kotak pesan email. 

Pendaftaran kuliah dibuka mulai 18 Oktober 2021 s/d 17 Januari 2022. Sementara, pengajuan aplikasi beasiswa dibuka mulai akhir November 2021 hingga paling lambat 19 Januari 2022. Pengumuman hasil seleksi beasiswa akan disampaikan Chalmers antara pertengahan Maret hingga awal Mei 2022 melalui email pelamar. 

Semua pelamar akan menerima pemberitahuan dari tim seleksi, apakah diterima atau tidak. Jika menerima penawaran, Anda harus mengonfirmasi bahwa Anda menerima tawaran beasiswa tersebut hingga batas waktu yang ditentukan dalam pemberitahuan.

Beberapa pertimbangan seleksi beasiswa di antaranya keunggulan akademik pelamar, rangking perguruan tinggi asal, serta urutan prioritas program master yang dipilih di Chalmers. Selamat mencoba!

Cari Artikel Lainnya