Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 4 kelas 6 Sd Globalisasi Halaman 1 - 5

Kunci Jawaban Tema 4 kelas 6 Sd Globalisasi Halaman 1 - 5

- Jumat, 05 November 2021 | 08:52 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 kelas 6 Sd Globalisasi Halaman 1 - 5

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

Kunci Jawaban Tema 4 kelas 6 Sd halaman 1

Batik dari Indonesia

Karpet dari Turki

Boneka dari Tiongkok

Mobil dari Jepang

Jam tangan dari Swiss

Susu dari Selandia Baru

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya dengan negara-negara ASEAN?

Kunci Jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 4

Cermati pertanyaan berikut berdasarkan artikel berita tersebut

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?

Jawaban:

Bentuk Kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, di antaranya Kerjasama pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN.

2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?

Jawaban:

Dalam pertemuan ke 44 Menteri Luar Negeri ASEAN, Indonesia berperan sebagai tuan rumah. Berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo.

Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?

Jawaban:

Angklung membantu menciptakan iklim yang kondusif. Para tamu undangan terlihat bahagia dan senang. Sehingga pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral berlangsung sukses.

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman dan tuliskan jawabannya.

Carilah informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial dan budaya yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Kamu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau artikel-artikel berita di media elektronik.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 5

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Jawaban:

a. Bidang Sosial

- Indonesia mengirimkan bantuan kemanusian kepada negara-negara yang dilanda bencana alam atau konflik. Contohnya, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban topan haiyan di filipina.

- Indonesia juga memberikan bantuan untuk para pengungsi di Rakhine State di Myanmar.

b. Bidang Budaya

- Indonesia turut berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Asean. Misalnya, mengirim tim kesenian untuk mengikuti dan mempromosikan kesenian dan budaya Indonesia ke berbagai negara di dunia.

- Mengundang seniman dari negara tetangga untuk mengadakan pentas seni di Indonesia.

- Menyelenggarakan festival dan pekan film.

- Mengadakan festival seni.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya