Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Kebudayaan Indonesia yang Mendunia Halaman 39 - 41

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Kebudayaan Indonesia yang Mendunia Halaman 39 - 41

- Kamis, 11 November 2021 | 14:12 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Kebudayaan Indonesia yang Mendunia Halaman 39 - 41

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Menyalurkan Energi Listrik Halaman 25 - 26

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan. Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 39-40

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Apa tujuan awal pembuatan batik?

Jawaban:

Tujuan awal dibuatnya Batik adalah khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.

Jawaban:

Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan.

3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?

Jawaban:

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri.

Baca juga: Pencak Silat (Teknik Kuda-kuda dan Pola Langkah) Tema 4 Kelas 6 Sd

4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Jawaban:

Sebagai bangsa Indonesia tentu ada perasaan bangga karena salah satu budaya kita diakui sebagai warisan budaya dunia.

5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.

Jawaban:

- Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.

- Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya.

- Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati.

6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.

Jawaban:

Batik tidak hanya dikenal baik di dalam negeri namun sudah sampai ke luar negri. Bahkan tidak hanya itu, orang luar negeri sudah banyak yang menggunakan Batik di setiap berkunjung ke Indonesia.

7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?

Jawaban: 

Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?

Jawaban:

Batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Hal ini tentu akan meningkatkan omset pengrajin batik.

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 41

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Kerjasama dalam kebudayaan

1. Mengadakan pameran atau festival seni

Manfaat bagi indonesia: 

Sebagai wadah untuk mengenalkan seni dan budaya asli Indonesia kepada negara anggota ASEAN, yang diharapkan dapat membantu seni dan budaya Indonesia lebih mendunia.

2. Pertukaran acara program televisi ASEAN.

Manfaat bagi indonesia:

Indonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya.

3. Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN.

Manfaat bagi indonesia:

Kebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya